Senin, 30 April 2007

Linux Zencafe Yang Ramah Pengguna

Free Image Hosting at www.ImageShack.usHari ini 29 April, saya menemani adik saya untuk melihat pameran komputer di AJBS. Rencananya, dia kepingin membeli laptop, sehingga perlu mencari referensi harga dan spesifikasi komputer laptop. Sebelum masuk ke ruang pameran saya menyempatkan berkunjung ke beberapa stan yang ada di luar pameran.

Tibalah saya di stan KLAS (Kelompok Linux Arek Suroboyo). Begitu melihat stan KLAS, saya sangat tertarik untuk mencoba empat buah komputer dengan beberapa distro yang siap untuk dicoba pengunjung macam saya ini. Mandriva yang selama ini saya gunakan, juga SUSE. Namun yang paling menarik perhatian saya adalah Linuk Zencafe yang diinstall pada komputer dengan spesifikasi minimal bermemori 64MB. Dengan memerankan diri sebagai user ternyata saya sangat menikmati lingkungan kerja yang dimiliki Linux ini. Sangat ramah dan user friendly. Desktop yang bersih, dengan ikon dan pengaturan yang sangat windows banget membuat seakan kita tak terasa bahwa kita ini bekerja pada komputer Linux.

Namun yang paling menggiurkan dari Linux turunan slaxware ini adalah kecepatannya. Masalah kecepatan inilah salah satu penyebab utama mengapa orang enggan menggunakan Linux Desktop. Bayangkan, membuka KWrite (pada KDE) saja, bisa membutuhkan waktu empat sampai lima menit detik. Saya kira salah satu penyebab utamanya karena Zendcafe -yang konon diperuntukkan untuk Kafe Internet itu- tidak menggunakan KDE, namun menggunakan Xfce. Xfce yang di Mandriva tampil seadanya itu disulap menjadi tampilan desktop yang tidak kalah dengan KDE.

Saya lantas membeli CD yang hanya dijual dengan harga 5 ribuan itu. Sesampainya dirumah sebenarnya saya masih enggan untuk menginstallnya, karena saya agak trauma ketika mencoba menginstall linux Puppy yang mengakibatkan hardisk saya terformat. Namun daripada tidak bisa tidur, saya memaksakan diri untuk menginstallnya. Akhirnya Mandriva 2007 yang tidak bisa mendeteksi soundcard saya itu segera tergantikan dengan Linux Zencafe.

Proses instalasinya memang tidak semudah Mandriva, karena masih menggunakan perintah text. Jadi seharusnya anda hati-hati pada saat partisi jika anda mempersandingkannya dengan Windows. Kalau anda pernah menginstall Linux Vector, maka proses instalasinya kurang lebih sama.

Akhirnya malam ini saya mainan linux lagi, setelah sehari sebelumnya mainan Linux Puppy yang di versi 2.15CE juga tampil memukau. Namun kedepan saya mungkin akan menekuni Zencafe ini, karena saya anggap lebih linux daripada Puppy. Namun yang terpenting bagi saya Zencafe dengan Xfce nya telah membuyarkan anggapan orang akan linux Desktop adalah berat dan linux adalah KDE, menjadi Linux adalah Sistem yang Ramah pengguna meskipun masih dari sisi "Look and Feelnya".

Dalam Linux Zencafe ini telah terbundel aplikasi Open Office, GIMP, Firefox, Mplayer pemutar Film, dan Audacious pemutar MP3 yang mirip WinAmp.

Akan tetapi sebagai pemula pada distro turunan slaxware saya belum mengerti bagaimana mekanisme instalasinya selain kompilasi sources codenya. Adapun ketika saya mencoba mengkopile kchmviewer, masih membutuhkan berbagai persyaratan yang mengakibatkan aplikasi tidak bisa diinstal. Namun saya fikir ini sama saja dengan linux yang lain yang kalau ketemu dengan persoalan semacam ini memang sangat melelahkan.

Sebagai pengguna, saya sudah merasa nyaman menggunakan Zencafe ini. Dan dirumah, saya akan lebih sering menggunakannya untuk berbagai keperluan. Adapun dikantor, saya mungkin masih akan menggunakan Mandriva sampai projek saya selesai, karena saya masih malas bongkar-bongkar file lagi.

Untuk keperluan development PHP saya kira aplikasi independent seperti XAMPP akan sangat membantu. Yang diperlukan lagi adalah text editor yang lebih nyaman karena saat ini yang ada baru mousepad yang persis notepad di Windows. Adapun untuk aplikasi perkantoran, saya kira sudah sangat memadahi.

Berikut ini adalah test kecepatan terhadap aplikasi yang berjalan pada linux inidengan spesifikasi komputer Pentium III 800 dengan memori 192

1. OpenOffice Writer : 6 detik
2. OpenOffice Spread : 3 detik
3. Pemutar Musik Audacious : 2 detik
4. GIMP : 12 detik
5. Mousepad / text editor : 1 detik
6. File Manager : 1 detik
8. Firefox : 3 detik

Tambahan :
Dari hasil browsing saya dapatkan informasi


  1. Zencafe dibuat oleh anak bangsa, mas Ahardiena dengan mengkostumisasi ZendWalk. Saya ucapkan selamat dan salut atas kreasi mas Ahardiena

  2. Aplikasi dirancang untuk Warnet dan sudah dilengkapi dengan Billing

  3. Karena digunakan untuk warnet. maka tools developmentnya tidak disertakan

  4. Belum terbentuk komunitasnya, dan informasinya masih harus mereferens ke situs Zendwalk.


  5. Isonya bisa di download disini


Jadi pengin nyobain Zendwalk :), karena saya menggunakannya untuk development. Mungkin asyik. Walah install lagi :). Atau install aplikasi tools developmentnya sendiri dari situsnya Zendwalk.

69 komentar:

  1. wah, berbakat jadi reviewer nih. teruskan pak.

    kalo saya cukup jadi pengguna saja. agak susah untuk mereview.

    --budiw

    BalasHapus
  2. Nice !

    Patut dicoba niy. Thanks mas Achedy, ini bisa menjadi salah satu pilihan desktop user dikantor jika memang secepat itu...

    BalasHapus
  3. slckware agak 'menyakitkan' cak :)
    gimana kalau xubuntu saja, sama2 pake xfce bukan?

    BalasHapus
  4. #2 Iya mas, secara pribadi, saya sangat menikmati distro ini. Mungkin mas vavai mereview juga. Jangan-jangan saya berlebihan dalam mereviewnya.

    BalasHapus
  5. Berarti tidak sesuai dengan promosinya ya. Kan promosinya bisa jalan nyaman di memori 64mb...

    BalasHapus
  6. #3. Tadi saya sempatkan melihat tampilan Xfce nya *.buntu . Ternyata bagus juga. Tapi saya belum pernah mencobanya. Untuk sementara ini malas install lagi, karena saya belum menemukan kesulitan yang berarti pada aplikasi ini. Coba sampeyan review siapatahu saya nanti tertarik :). Soalnya pernah mencoba ubuntu dan kubuntu tapi belum menemukan hal lain seperti gemuruhnya :)

    BalasHapus
  7. #5 Yang 64MB itu yg dipakai di pameran cak. Bisa jalan untuk aplikasi2 kecil, bukan untuk Open Office. kalau pakai OpenOffice ya paling tidak 128 lah.

    BalasHapus
  8. Penginnnn .............
    Tp lagi asyik "Bermesaraan" dgn Mbak Debian Etch

    :)

    BalasHapus
  9. Saya sudah coba di AMD Duron 850MHz 128M - 16 VGA. Memang ringan banget and semua jalan bagus. Coba install program baru seperti OpenOffice juga ndak lambat kayak di Ubuntu atau Kubuntu. Multimedianya juga OK. Sudah 4 komputer di lab bahasa SMA 2 Salatiga yang pake Zenwalk.
    Pernah coba di P4 Dual Core Mainboardnya Gigabyte, tapi LAN card nya ndak kedetek.
    Sayangnya pake Lilo. Di rumah banyak Linuxnya ndak kedetek otomatis. So jadi agak repot.
    Secara umum Zenwalk bagus.

    BalasHapus
  10. Maaf yah buat maniak `Windows like opearting system` tampilan start button sama taskbar saya rasa kurang enak, mending tampilan dock kayak osx, jadi apps yang biasa dipake semuanya dengan mudah dijangkau, paling mantap desktopnya *buntu, karena diatas ada launcher, biasanya saya juga tambahin monitor system, dibawah ada taskbar, jadi mau akses apps yang lagi jalan atopun mau jalanin yang baru terasa lebih mudah. apalagi skr feisty udah pake compiz as default :D

    BalasHapus
  11. Bukankah Zencafe distro yg lebih dispesifikasikan untuk digunakan di warnet yang kebanyakan pengunjung taunya cuma Windows doang? klo tampilannya dibuat seperti OSX atau tampilan yang aneh2 ntar malahan usernya jadinya pergi semua? jadi klo menurut saya Zencafe sudah cukup memenuhi kebutuhan sebuah warnet Linux terlepas apakah akan kita gunakan untuk penggunaan lainnya. apa lagi sudah include billing sama "deepfreeze" CMIIW.

    Klo untuk digunakan sendiri sih ga masalah mau tampilan semau kita, saya lebih suka tampilan bawaannya FLUXBOX tapi untuk distro seperti zencafe dengan pangsa pasar yg rata2 kurang mengenal Linux hal ini adalah suatu kunci penetrasi. Salut untuk Zencafe!!! Wuah developernya orang Indonesia toh, saya pikir produk asing.

    BalasHapus
  12. libra sidoarjo9 Mei 2007 15.27.00

    mas tolong donk, apa ada manual untuk installasi zencafe yang bisa saya download atau baca, abis masih bingung, gimana installnya.
    terima kasih, mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  13. #12. Sebenarnya ada manualnya Zenwalk jika kita telah menginstallnya. Tapi yangs aya heran kok malah ini nggak disertakan di situsnya Zenwalk. Insyaallah akan saya copy dan upload saja biar lebih berguna.

    Hanya, kalau ragu, lebih baik data-data yang ada diselamatkan dulu, khawatir kalau nggak sengaja terformat. Saya sendiri beberapa kali install, tapi karena install sungguhan, maka nggak bisa ngambil screenshootnya.

    BalasHapus
  14. saya dah pernah pake zenwalk, cakep banget, ringan & pas kalo dipake bwt warnet. apalagi yang masih pake kelas p3. lumayan. tapi sy blm pernah pake zencafe. kalo lihat bundel offisnya pake open office, kayaknya mengurangi kenikmatan zencafe sebagai distro yang ringan. mending zencafe dibundle tetep pake abiword. toh buat warnet gak butuh yang namanya fungsi offce selengkap yang dimiliki open office.Moga2 segera keluar versi 2 yang lebih muantapppp.

    BalasHapus
  15. libra sidoarjo9 Mei 2007 23.36.00

    Mas, apa sudah di upload manual installnya?saya bisa ambil dimana?..maaf kalo ngebet banget install zencafe...abis liat screenshootnya sangat menawan hati...uda kagak tahan nih..hehehe

    thx

    BalasHapus
  16. Hebat!!! makasih banget mas, sudah direview Zencafenya, jujur aja waktu di pameran saya memang isenk coba nginstall zencafe karena penasaran xfce bisa dijalankan minimal requirement brp. dan kompie yang kemarin aslinya buat implementasi LTSP :-), karena ada masalah di LAN card, akhirnya banting haluan ke ZenCafe

    Sekali lagi matur suwun.

    BalasHapus
  17. #16. Berarti gara-gara sampeyan kepindahan saya dari agama Mandriva ke agama Zencafe :D

    BalasHapus
  18. zenwalk, http://www.zenwalk.org :)

    BalasHapus
  19. Untuk CHM Viewer pake XCHM mas, bisa di unduh di ftp://slackware.linux.or.id/pub/people/zarathustra/xchm/

    klo udah terinstall tiap kita buka XCHM akan muncul warning (kek ada error) hal ini bukan karena ada bugs/error di XCHM nya tapi karena UNICODE untuk bahasa tertentu tidak ada, it's OK, normal kok bisa buka XCHM dan ga ada error. Goodluck :D

    BalasHapus
  20. #19. kalau yang ini saya sudah berhasil mas. Ternyata instalasinya gampang sekali

    BalasHapus
  21. Untuk yang maniak windows coba dioprek sedikit tampilan start menu diganti dengan start menu punya bart PE.. nah jadi dong tampilan Windows XP. linux rasa XP

    BalasHapus
  22. zencafe distro paling nyaman buat desktop di warnet.

    BalasHapus
  23. saya habis menginstal zencafe tapi saya tidak bisa menggunakan winampnya
    tolong dong kasih tau caranya
    please
    thank you

    BalasHapus
  24. Maksudnya nggak bisa menggunakan winampnya kayak apa ?
    "Winamp" yang dipakai di zencafe adalah Audicious pada menu multimedia. Atau karena nggak terdetek kartu suaranya ?

    BalasHapus
  25. betul suaranya nggak ke detec

    BalasHapus
  26. #25 Bisa jadi memang belum ada driver untuk soundcardnya

    BalasHapus
  27. Mas gimana ya cara install abiword di Zencafe 1.0 aku dah install lewat netpkg tapi hasilnya kok malah iconnya banyak yang ilang dan banyak aplikasi yang jadi error
    kasih solusinya ya Mas :)

    BalasHapus
  28. #27 Saya dulu juga mengalaminasib serupa. Ini terjadi karena saat melakukan instalasi Abiword yang mungkin versinya lebih besar dari kondisi saat zencafe dibuat,membutuhkan library yang up to date. Ini mengakibatkan kita tidak hanya sekedar menginstall abiword tapijuga mengupdate library ke versi lanjut yang dibutuhkan abiword. Di satu sisi, karena library itu dipakai bersama, maka ada aplikasi yang nggak nemu library versinya, karena sudah diupdate.

    Mungkin inilah kelemahan netpkg pada Linux Zen. Meskipun menurut saya nggak ada yang bisa mengalahkan kecepatannya pada kelasnya.

    Jadi hati-hati melakukan instalasi pada dengan netpkg. jika versi pada repositorinya nggak sama.

    Saya dulu juga mengalaminya saat update Abiword, cuman saya lupa, bagaimana mengembalikannya,karena sekarang saya pakai Xubuntu.

    Jika di restart apa masih bermasalah ?

    BalasHapus
  29. Saya ingstall Zencafe 1.2 kok muncul tulisan ini ..."Failed to start the X server (your graphical interface). It is likely that it is not set up correctly. Would you like to view the X server output to diagnose the problem?" mohon pencerahan

    BalasHapus
  30. zencafe buat warnet oks banget, lebih dari cukup, but ada 1 masalah timbul yaitu firefox sering crash n minta di close trus ga isa di buka lagi, baru isa dibuka lg setelah kompi direstart? ada solusi ga nih. trims

    BalasHapus
  31. #30. Saya juga belum tahu solusinya. di ubuntu firefox juga sering crash. Kalau dah crash biasanya saya lihat listnya menggunakan perintah ps -ax. Nanti akan kelihatan firefoxnya. terus kill.

    Kayaknya lebih stabil opera.

    BalasHapus
  32. wah.. saya coba install tapi nggak detek soundcard komputer di kantor.. Pake DELL Pentium 2.... asyik sih... enteng daripada ubuntu... tapi kalo ZENCAFE... wuah... bingung makenya pas ada warnet yang pake zencafe...mending warnet yang pake UBUNTU siip :)

    BalasHapus
  33. Menurut saya Zencafe masih harus dikasih "beta" di belakang namanya. Masalahnya masih banyak: ccl cukup sering hilang, window-nya, menu panelnya, sound-nya yang kadang2 hilang-kadang2 terus muncul lagi, dll. Atau mungkin juga saya saja yang belum menguasai GNU/Linux. Bisa dibilang Zencafe adalah distro untuk warnet yang sering merepotkan warnet. Maaf kalau salah, saya hanya Linuxer newbie :) Makasih..

    BalasHapus
  34. saya sudah instal zencafe dan sukses. tapi setelah direstat semua data hilang. mohon pencerahan. trims

    BalasHapus
  35. Lha apa bagian data juga sampeyan format juga ? Lha kalau partisi data di format juga ua tentu saja data anda hilang.

    BalasHapus
  36. mas achedy, saya newbi di linux, pengen sekali punya panduan zencafe seperti yang ada sekarang yaitu panduan Ubuntu 7.10 400 halaman, lengkap banget. dimana ya saya bisa donlot panduan zencafe?

    BalasHapus
  37. Assalamualaikum...

    Mas Edy,sik iling aku ta?

    Mas aku kebtulan mo pake zencafe untuk keperluan warnet,apa zencafe ini sdh bener2 mirip windows dari segi tampilan dan struktur menunya?atau masih perlu tambahan plugin tertentu untuk membuatnya mirip windows.

    kemiripan dgn windows ini suapaya konsumen nantinya ga kagok ato alergi pake warnet linux gituloh...

    BalasHapus
  38. #37. ya, jelas masih to cak.

    Untuk lebih jelasnya yang paling enak adalah coba install dulu aja. Dan rasakan apakah sesimple windows atay nggak.

    BalasHapus
  39. Hidup zancafe.
    Mau tanya ni gimana cara instal suatu program di zencafe ya.Mohon bantuan dong....
    trims

    BalasHapus
  40. Terhubung ke internet ?

    netpkg install nama_program

    BalasHapus
  41. tolong sayaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    zencafe buat warnet jadi sepi

    BalasHapus
  42. #41 Kalau demikian adanya mungkin panjenengan bisa beli windows yang home basic.

    BalasHapus
  43. saya sih gunain zenwalk 5 dan gunain 4 desktop mgr XFCE, KDE, GNOME, sm yg lg Hot, enligtment, tp akhrnya nyamannya, gunain XFCE, ringan, powerful, elegan. o iya, klo masalah software sih download dulu dependensi/library di link program zenwalk tersebut, download yg ada keterangan extra jgn yg g ada kt ekstranya krn bs kyk pengalaman mas edy dulu jg sy meski yg eror cm Kdenya, utk instal tinggal klik kanan,instal, bisa jg nginstal program RPM yg buat fedora atau mandriva. crnya ketik di terminal rpm2tgz *.rpm di folder filenya. trus instal mk cr klik kanan atau ketik installpkg *.tgz. notes gunain tanda * buat nginstal atau ubah rpm sekaligus. so jgn blg slack susah, malah lebih fleksibel bs gunain repo distro lain yg gk ada di slack cthnya sy nginstal openoffice sm audacity yg formatnya rpm. so welcome back to slack family mas edy

    BalasHapus
  44. Terimakasih mas Raven. Btw blognya mas raven dimana yah ?

    BalasHapus
  45. waah..klo blog sy dah gk aktif lg abis g ada bnyk wktu sm koneksi internet, trus alamat blognya lupa. lg sudah mau bkn skripsi jd yg lainnya dikesampingkan dulu meski kadang gak juga ^^

    o iya, bisa gak nitip tips&trik gunain zenwalk/slack yg mungkin bisa dimuat di blog mas achedy.

    BalasHapus
  46. maaf mas Edy, mau ikutan nanya, mplayer saya koq ga mau jalan ya. jadi kalau mau putar film, harus lewat audacious dulu, kalau lewat mplayer selalu muncul ' error opening/initialz video out device.....
    gmn ngatasinya mas
    makasih

    BalasHapus
  47. xfce sesuai dgn gya gue yg modern, simple minimalis, functional.

    BalasHapus
  48. pak...saya minta cara instalasi zencafe donk!!!!tolong ya....???saya butuh banget nih.daripda nanti ada salah2 ato error2 dlm instalasi.

    tolong ya???
    terimaksasih...^_^

    salam kenal_

    BalasHapus
  49. Bung, hampir 1 tahun ini warnet kami berjalan dengan Zencafe. yang mau saya tanyakan apakah zencafe bisa diaplikasikan untuk games onlene dan katanya versi terbarunya kurang stabil ya??? Mohon pencerahan

    BalasHapus
  50. ass. maaf mas mo nanya?
    saya sek newbie....n skarang belajar pake ZENCAFE juga?
    ad sedikit kendala...ketika saya mutar music pake audacious truz bareng an mutar video pake mplayer ko ketika aq kecilin suaranya salah satu? ke dua aplikasi tersebut ikutan kecil suaranya?
    itu kenapa mas?
    n bisa minta solusinya mas?

    mator thankiyu.....before?

    BalasHapus
  51. abg2 mau n'nya n
    g'mana c'ranya instal CD-DVD burningbashburn 2.1
    buat ZENCAFE ?
    and
    truzzz g'mana c'ranya join room dgn yahoo messenger ?
    please2 y abg2
    LINUX MANIA

    BalasHapus
  52. komunitas zencafe

    BalasHapus
  53. :"> mau donk OS nya :D
    kalo mau beli CDnya dimana, minta alamatnya. please [-o<

    BalasHapus
  54. la cari linux live cd kemana lagi??????????????

    BalasHapus
  55. mas mau tanya...saia sdh instal dan berhasil masuk..

    tampilan koq kurang jelas gitu y mas?? apa memang belum di setting? o y mas satu lagi, caranya biar browser defaultnya firefox gmn yk??

    maaf mas kalo kebanyakan tanya, baru coba2 make linux soalnya, hehe..

    thnks

    BalasHapus
  56. #AGUNG Linux Zencafe kan defaultnya Firefox ? Memang penjenengan pakai linux apa ?

    BalasHapus
  57. instal-nya pake zencafe mas, sama screenshot spt yg di atas.

    tp yg jadi masalah gambarnya blur / kurang jelas gt mas..np y mas??
    apa salah nge-link download-nya ya??

    BalasHapus
  58. erik-newbie-linux16 Nov 2008 16.48.00

    mas thx atas infonya..
    saya jadi ingin coba distro ini..

    klo bisa tolong donk mas kasih tau cara2 installnya mulai dari iso sampai setting networkingnya :D (beserta screenshot)

    maap klo terlalu banyak permintaan :D

    salam kenal
    -erik-

    BalasHapus
  59. waduh keren abis. Abiz waktu ke warnet pake linux ini sih

    BalasHapus
  60. duh pusing pak... HDD saya keformatyara² salah kasih perintah teks ny
    :((
    tolong bisa di jelasin gmana cara jalanin perintah teks nya
    :D

    BalasHapus
  61. mas mas sya baru pasang linux fc 3 tapi kayaknya gagal mas, xdisplay nya ga konek n moesenya jg gak konek gt,yng ingin sy tau ada ga linux yang hardwarenya plug n play saat di install,mcem windows gt kan bisa belakangan di pasang drivernya, saya pasng di AMD Athlon LE1640 2,7ghz/mainboard ABIT M2SPV/HDD Hitachi 80 GB/chipset NVIDIA 6100, mohon pencerahan mas saya baru belajar linux....wassalam

    BalasHapus
  62. Wah....SERUUUUUUUUUUUUUU
    Pembahasannya asik2...
    saya jadi tertarik untuk menggunakan zencafe ne....
    tapi pertanyaan saya begini, di warnet saya menggunakan P4 1.6 GHz RAM 256 SDR, NAH LAN cardnya tiap kompie beda2..dari realtek ampe yang ga keliatan merk nya...apakah zencafe dah suport utk realtek 3189 ? kalo ga suport gmana caranya biar bisa ?dari pada saya pake Windus bajakan teyus :(
    tiap ari, deg-degan takut razzzzzzzzzzzzia

    BalasHapus
  63. hehehehe ngikut aja yyuachhhh popoke siiiiipppppppp lah

    BalasHapus
  64. wah bener tuh pak....zencafe benernya juga enak banget kok...gak kalah dengan windows.....tergantung kebiasaan aja sih sebenernya.

    ^_^

    BalasHapus
  65. Pak saya mo aplikasiin Zenkafe + LTSP bisa ga yach? mo di install di server quadcore..gmana pendapat bpk..tks :)

    BalasHapus
  66. #FAUZI. Menurut isu, Zencafe + LTSP bisa berjalan. cuman saya hanya sekedar pengguna dan belum mencobanya. Tanyakan saja ke pembuatnya.

    BalasHapus
  67. ga bisa instal usb wifii wg2000 nih ...wajan bolic ku nganggur...plis...gmana caranya?

    BalasHapus
  68. # HAFRIL : silahkan ditanyakan ma master-master Linux di tanya-jawab@linux.or.id

    BalasHapus
  69. saya baru mau coba...... heheheh... kemaren coba puppy gak driver modem hp ku gak kedetek... hihihii

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)