Selasa, 01 Mei 2007

Antara Linux Zenwalk dan Zencafe

Tampilan Linux Desktop Zenwalk Setelah sebelumnya mencoba Linuk Zencafe yang merupakan turunan Zenwalk, saya merasa sangat bernafsu untuk mencoba Zenwalk. Sebenarnya sudah saya tahan-tahan untuk tidak usah install lagi dan cukup menambahkan beberapa software tambahan Zencafe seperti CD Burner, atau Bluefish dan Geany untuk "Development Tools" nya. Namun karena rasa penasaran saya tak terbendung, maka saya melakukan instalasi lagi.

Namun alasan sesungguhnya adalah karena Zenwalk telah memiliki komunitas dan dukungan website yang lebih lengkap. Meskipun Zencafe dapat dikatakan 80% Zenwalk, namun saya belum mengetahui perkembangan Zencafe. Namun, kalau ditilik bahwa Zencafe juga amat mudah digunakan, maka saya optimis terhadap masa depan Linux ini, tentu jika tetap ada yang mensupport. Kalau saya orang yang membawahi IGOS, tentu Zencafe sudah saya rekomendasikan untuk dikembangkan jadi Desktop Open Sources Nasional, dan digunakan disekolah-sekolah. Tidak seperti distro lainnya, menggunakan linux varian ini, membuat pengguna langsung bisa.

Ok, kembali ke Zenwalk.

Proses instalasi Zenwalk sama dengan Zencafe, dan sama dengan Vector. Kemarin malam, ketika saya benar-benar memperhatikan cara instalasinya, ternyata mudah, walaupun disandingkan dengan Windows sekalipun. Apalagi kalau partisinya sudah ada, maka kita akan lebih mudah lagi. Kali ini, saya menggunakan partisi warisan Mandriva sebelumnya. Tidak ada kendala sama sekali dalam instalasi.

Mekanisme instalasi sampai control panel antara Zenwalk dan Zencafe bisa dikatakan sama, mengingat Zencafe adalah turunan Zenwalk. Hanya, beberapa aplikasi saja yang berbeda, karena Zencafe memang secara default dipersiapkan untuk Kafe Internet, khususnya di Indonesia. Bahkan Zencafe bisa dikatakan lebih siap pakai, seperti Plugin Flash yang sudah langsung terinstall di Firefox, dan Open Office yang sudah terinstall secara default. Yang paling membedakan mungkin adalah penambahan Billing Warnet pada Zenpanel.

Pada Zenwalk, Aplikasi Office yang secara default disertakan adalah AbiWord dan GNumeric. Namun pada Zenwalk telah terinstall Development Tools seperti Bluefish dan Geany, aplikasi Dia, juga ada Graveman, aplikasi pembakar CD yang tidak disertakan di Zencafe. Pada Zenwalk disertakan juga manual dalam bentuk HTML, sehingga kita lebih mudah mempelajari distro ini.

Kesimpulannya, untuk Zencafe Versi 1.0 maupun Zenwalk versi 4.4.1 bisa dikatakan tidak ada bedanya. Aplikasi pada Zenwalk juga bisa diinstall pada Zencafe. Kelebihan Zencafe adalah adanya Open Office yang secara default telah disertakan, juga mengurangi aplikasi-aplikasi kira-kira tidak digunakan. Sedangkan kelebihan Zencafe adalah adanya dukungan situs dan forum yang lebih siap. Meskipun karena Zencafe turunan dari Zenwalk, maka pengguna Zencafe saat ini masih bisa memanfaatkan forum Zenwalk.

Bergaul dengan Zenwalk dan Zencafe, yang merupakan anak cucu Slackware, dalam dua hari ini, membuat saya merasa bahwa ternyata keturunan Slackware tidaklah garang sebagaimana image Slackware selama ini.

Saat ini saya menggunakan Zenwalk, dan sudah memasang XAMPP, dan berencana menginstall OpenOffice agar lebih lengkap. Cerita tentang hal ini mungkin akan saya posting di hari-hari berikutnya.

25 komentar:

  1. wah kebetulan nih...,emang lagi nyari-nyari info tentang zenwalk dan zencafe.kalo bisa kasih url nya tentang OS ini yaa.....,thanks sebelumnya

    BalasHapus
  2. #1. Jika ingin menggunakannya di warnet gunakan Zencafe. Untuk development dan penggunaan rumahan, saya pilih zenwalk
    Zencafe : http://linux.blogs.ie/
    Zenwalk : http://zenwalk.org/

    BalasHapus
  3. Nice review mas. Dengan demikian banyaknya pilihan distro, sayang sekali kalau ada mahasiswa yang masih asing dengan Linux :-).

    BalasHapus
  4. budhi cahyono8 Jun 2007 18.34.00

    boss, aku baru nih di dunia linux,
    aku tertarik dengan zencafe tapi ndak isa installnya
    gimana? manualnya dong? dowload dimana? :D

    BalasHapus
  5. #4 Coba deh lihat disini :
    http://achedy.penamedia.com/2007/06/04/manual-dan-instalasi-zenwalk

    BalasHapus
  6. budhi cahyono9 Jun 2007 15.59.00

    OK makasih mas... ini sekarang dah pake zencafe..
    makaciiiih....

    BalasHapus
  7. heheh untuk team support nya ada kok buat zencafe live lagi.. :d bisa masuk ke #awali irc@dalnet

    atau kalau mau di forum bisa ke awali.org

    :d semoga membantu

    BalasHapus
  8. Zenwalk is ok banget. Cepet dan stabil, cocok untuk dekstop linux. Tapi untuk server harus install paket tambahan yang gampang downloadnya. Dukungannya milispun sangat membantu disana. Thanks

    BalasHapus
  9. aku udah coba install Zencafe&udah berhasil tapi waktu ditambah install distro yang lain misalnya ubuntu kok malah bentrok, zencafe gak jalan, ubuntunya proses mount file system juga gagal. Parahnya lagi zencafe keluar kernel panic! aku termasuk newbie nih. Apa mungkin dari boot loadernya Zencafe pake Lilo terus ubuntu pake grub, kalo ada saran bisa bantu dong biar Zencafe ma Ubuntunya jalan semua. Coz I Love Linux ..!

    BalasHapus
  10. Saya kurang informasi, apa saja partisinya ? terus linux Zencafe dan Ubuntunya diletakkan di partisi yang mana ?

    Soal bootloader maka hanya menggunakan satu. Kalau pakai grub ya berarti Zencafenya diload pakai grub.

    BalasHapus
  11. untuk partisinya yaitu :
    /dev/hda1 untuk windows
    /dev/hda5 untuk swap
    /dev/hda6 untuk ubuntu breezy badger
    /dev/hda7 untuk Zencafe 1.0
    kalo boot loadernya udah pake grub yah maklumlah installnya juga gak pake modifikasi nih. Semuanya cuman berdasarkan petunjuk dari baca majalah & coba-coba, yah biasanya juga tukang installer OS Redmond yang lisensinya mahal banget :)
    Apa mungkin salah install grubnya ya?

    BalasHapus
  12. Saya sudah coba Zencafe, dan sangat saya rekomendasikan untuk yang berencana membuka warnet tapi tak punya cukup budget untuk beli lisensi Windows.

    Yang versi 1.0 sudah sangat bagus. Cuman sayang, yang versi ke 1.2 koq tak ada program ccl untuk billing dan deepfreze ya....?

    Ada yang bisa ngasih penjelasan....?

    BalasHapus
  13. kok cuma cara itu donk..
    cara membuat billing internet dengan linux gmn?

    d tunggu ya................

    BalasHapus
  14. di zencafe 1.2 udah ada autorecovery dan billingnya, tinggal di maximize window zenpanelnya, nanti kelihatan semua... ^_^

    BalasHapus
  15. Saya sih gunain zenwalk 5 di kompi butut saya...PIII 128Mb dan nginstal semua desktop manager (GNOME, KDE, XFCE) ^^ aplikasinya saya tambahin open office, Amarok, audacity (puyeng gw nyari dependensinya librarynya) Banshee (lebih puyeng lagi) audacious, opera dll KBluetoothd, nyampe dari 8Gb hdd tinggal tersisa 500Mb padahal itu belum data mp3 sama tugas kuliah...yang masih di partisi Win XP. gile...dulu sy pikir Linux hanya butuh beberapa Gb aja ternyata...tapi..hasilnya sepadan apalagi banshee...wuiiihh...cool saya suka banget aplikasi multimedia

    BalasHapus
  16. Mas bagaimana printah di console untuk menginstall suatu program baru, misalkan thunderbird.tar.gz

    BalasHapus
  17. itu program dengan metode compile source code

    di folder tempat file .gz itu klik kanan terminal lalu ketiik tar xf thunderbird.tar.gz

    setelah terekstrak buka foldernya lalu buka terminal ketik ./configure

    tunggu sampai selesai jika ada error berarti library nya ada yang kurang atau lainnya

    jika sukses ketik make

    jika sukses ketik make install

    tapi sebelumnya lihat file INSTALL karena ada program yang menggunakan metode khusus

    BalasHapus
  18. aduh, maaf nih mas, gak sadar jd ngejawab pertanyaan tanpa izin dulu sama mas edy.

    BalasHapus
  19. # RAVEN, gak apa-apa mas, saya justru bersyukur :D

    BalasHapus
  20. assalamualaikum wr.wb
    setelah apa yg bpk ktkan waktu kajian saya ingin install linux zencafe, proses insatalasinya lancar walaupun agak ribet menurut saya krn blom terbiasa.sperti apa yg bpk bilang linux zen ringan banget.....saya setuju...

    BalasHapus
  21. assalamualaikum wr.wb

    Mas..saya dahpake zencafe 1.2 buat warnet...masalah usernya kok yahoo meseger ga bisa join room?

    thank ya mas tolong pencerahan

    BalasHapus
  22. assalamualaikum,
    setelah membaca tulisan diats sekrang saya bru tau apa sich yg namax linux zenwalk sama zencafe,soalx td kn temen cet aq tnyk saya g tau ap sich zencafe sama zenwalk tepapi setelah membaca tulisan diatas saya sedikit tau tentang zenwalk sama zencafe

    BalasHapus
  23. Instalasi Zencafe tidak ada fasilitas custom packages ya? Yg artinya smua packages di install

    BalasHapus
  24. mas..mau tanya cara mengintal geany di zencafee ?
    saya sdh coba download geany.rpm maupun tar.gz tapi waktu di ./configure ada error..yg kedua cara memasukan rpm ke dalam package rpm-nya gimana ya ? disitu hanya ada menu "add cdrom"..trims..

    BalasHapus
  25. #hari. cari aja yang paketnya zencafe. kalau terhubung ke internet cuman pake perintah installpkg ... Kalau cari diluaran cari yang berextensi .tgz (untuk turunan slaxware)

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)