Senin, 26 Juli 2021

Inspirasi Cak Edy

Cukup lama tidak ngeblog. Karena memang menulis itu tidak mudah. Perlu energi lebih.

Mulai dengan membuat tema, berfikir tentang alur dalam sebuah tulisan, membuka blog, mengetik, dan setelah jadi beberapa kali membacanya dan sering tulisan itu kita ubah karena tulisan itu tidak asik.

Dan entahkan bagi saya, sering sekali melakukan kesalahan ketika mengetik, baik di keyboard maupun smartphone. Waktu muda tidak seperah ini sih. 

Memang sekarang ini ada fasilitas dari google "speak to text", cukup membantu walaupun tidak semudah itu. Bicara dan menulis itu karakternya beda. Orang bicara tidak secara otomatis langsung bisa untuk di translate ke text.

Pernah mencoba di Youtube. Namun menggunakan Youtube terkendala oleh 2 hal, Pengelolaan gambar itu membuat energi tersendiri, dan memakan ukuran file menjadi sangat besar, padahal gambar saya tidak terlalu penting. Bayangkan untuk sepuluh menit saja, kalau saya menggunakan video besarnya lebih dari 500GB, dan kalau suaranya saja hanya sekitar 7MB, sperbedaannya seperti langit dan bumi.

Tapi it's okey lah mungkin nanti kita nak-nik, mana yang lebih efektif dan efisien. Mungkin sekali-kali saya akan rekaman untuk Youtube, sesekali ngeblog, tapi mungkin yang lebih banyak adalah dengan membuat podcast.

Atau ketika muncul inspirasi kita langsung ke podcast, nanti kalau ada waktu kita terjemahkan ke dalam bentuk tulisan.

Btw untuk podcast, apakah soundcloud itu yang paling bagus?  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)