Selasa, 27 April 2021

Islam yang Berkemajuan

Kalau kita melihat peradaban masyarakat Islam sejak zaman Nabi Muhammad sampai sekarang, maka kita akan menyaksikan pasang surut perkembangan masyarakat Islam itu.


Kadang berada di puncak, stagnan, atau malah di bawah. 

Di masa awal, nabi berhasil membawa masyarakat yang jahil menjadi masyarakat yang beradab dan unggul, yang kemudian diteruskan oleh generasi penggantinya. Islam menjadi meluas di segala penjuru.

Pun demikian ketika era Umayah maupun Abbasiyah, Islam menunjukkan kelasnya sebagai peradaban yang tinggi, yang menjadi referensi bagi kebudayaan lain. Islam berkembang bersamaan dengan berkembangnya sains dan teknologi pada waktu itu.

Namun sayang setelah Era itu dan setelah dihancurkannya peradaban Islam oleh Mongol menjadikan peradaban Islam mengalami ketertinggalan. Pernah naik lagi di masa Turki Usmani namun peninggalan intelektual di masa itu tidak sebagaimana di era sebelumnya.

Setelah masa imperialisme sampai sekarang peradaban Islam tertinggal jauh dengan peradaban barat. 

Peradaban Islam mengalami stagnanisasi berpikir, baik dalam agama lebih-lebih dalam bidang sains dan teknologi.

Ini tak lepas dari tafsir terhadap ajaran agama yang terlalu klasik, yang tidak ditransformasikan ke dalam era kekinian. 

Dalam ajaran agama sebenarnya jelas, bahwa yang tetap adalah keyakinan dan cara menyembah Allah, sedangkan dalam ilmu pengetahuan dan muamalah Islam meninggalkan rambu-rambu saja, yang dipahami secara baik pada era sahabat, Umayyah dan Abbasiyah.

Dalam hal itu, Islam memandu kita untuk memimpin peradaban, dengan menggunakan Islam sebagai:

1. Spirit atau semangat sebagaimana yang ditunjukkan oleh generasi awal yang mampu meluaskan pengaruhnya ke dalam Bizantium maupun Persia.

2. Filter, dimana umat Islam bisa berkolaborasi dengan budaya lain dengan filter nilai-nilai Islam.

3. Inspirasi, dimana umat harus bisa mentransformasikan ajaran-ajaran Islam itu sebagai inspirasi, dimana disitu ada ketuhanan kemanusiaan keadilan dan kesetaraan.

Demikian mudah-mudahan kita menjadi bagian dalam kemajuan peradaban Islam sebagaimana yang terjadi pada generasi awal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)