Kamis, 29 Juli 2021

Tadabbur 1 : Alhamdulillah


Malam Jumat tanggal 23 Juli adalah hari yang saya rasakan sangat istimewa. Di hari itu saya membuka Al Quran dan akan melanjutkan mentadaburinya. Namun yang spesial, ternyata malam itu bacaan saya jatuh pada Surat Kahfi Ayat 1. Membaca Surat Kahfi memang punya keistimewaan dibaca pada hari Jumat.

Setelah membaca beebrapa ayat lalu saya membuka tafsir Al Muyassar, dan memaknai kata Alhamdulillah di awal Ayat 1 itu dengan sangat istimewa: "Segala puji bagi Allah, dengan sifat-sifatnya yang sempurna, dan dengan nikmat-nikmatnya yang nampak dan tersembunyi, baik agama maupun dunia".

Saya langsung mak tratap. Cara menterjemahkan "Alhamdulillah" terasa sangat istimewa. Allah memberikan nikmat ada yang nampak dan lebih banyak lagi yang tersembunyi.

Orang-orang tertentu bisa melihat sebagian nikmat tersembunyi itu apabila berhasil membuka tabirnya. Tabir itu adalah kebodohan dan nafsu.  

Catatan:  Tafsir Al Muyassar dan Product Quran Muyassar beda ya bro, pastikan kalau beli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)