Kamis, 05 September 2019

Tawakal

Sangat penting seseorang memahami konsep hidup. Sejak zaman dulu semua agama bahkan budaya mengajarkan konsep kehidupan. Konsep kehidupan lahir dari petunjuk Tuhan atau dari cara manusia menyimpulkan pengalaman-pengalamannya.

Salah satu konsep hidup itu adalah tawakal. Berserah diri kepada Allah, bila seseorang telah berusaha dengan segala potensi yang dimilikinya. Mengapa ini penting, karena seseorang tidak bisa menentukan hasil dari sebuah usaha.

Karena manusia tidak bisa menentukan hasil dari sebuah usaha, maka di dalam agama yang dinilai adalah prosesnya, sejauh mana manusia berusaha, disitulah Allah memberikan nilai padanya.

Ada kisah seseorang yang ingin anaknya menjadi orang terbaik, lalu dia menghabiskan banyak uangnya untuk menyekolahkan anaknya di tempat-tempat terbaik, SMP SMA dia sudah masuk sekolah favorit dengan asrama. Sekolah yang memadukan antara ilmu dunia dan agama, namun orang tuanya sekarang merasakan hasilnya ternyata biasa saja.

Namun ada kalanya ada orang tua karena ketidakmampuannya, akhirnya menyekolahkan anaknya di sekolah-sekolah biasa, faktanya sering kita jumpai tidak sedikit orang sukses dari output seperti ini.

Itulah kehidupan, Semuanya serba rahasia, maka janganlah terlalu percaya diri dengan usaha, dan janganlah berputus asa dari keadaan.

Bertawakal adalah cara terbaik dalam menghadapi kehidupan. Berusaha sebaik-baiknya dan menunggu keputusan dari Yang Maha menentukan.

Bismilahi tawakaltu alallah. La haula wala quwwata illa billah.

Dengan menyebut nama Allah, Tempat bertawakal. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan izin Allah.

Wallahualam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)