Rabu, 07 November 2018

Berbuat Baik

Sebenarnya inti dari ajaran hidup ini adalah berbuat baik. Seandainya kita tidak punya waktu untuk belajar banyak hal, maka apabila kita memegang teguh falsafah berbuat baik, maka cukuplah.

Baik kepada siapa? baik kepada Tuhan, baik kepada manusia, dan baik kepada alam.

Kebaikan pasti akan berbuah kebaikan, dan kebencian juga akan berbuah kebencian. Itulah kunci.

Dengan menanam kebaikan, maka kita akan menuai kebaikan. Maka lakukan kebaikan dimana saja, kapan saja, dan sebesar apapun, maka itulah yang akan kembali kepada kita.

Berbuah baik kepada orang lain, maka hakekatnya kita sedang berbuat baik kepada diri sendiri.

Bahkan seandainya ada yang berbuat buruk kepada kita, adalah hak kita untuk membalasnya, namun bagi siapa saja yang bisa membalas keburukan dengan kebaikan maka dia akan mendapatkan kebaikan yang berlipat ganda.

Bagi orang yang memahami kerangka berbuat baik ini, cara untuk menghadapi orang tidak baik adalah dengan berusaha mengubahkan menjadi baik, bukan dengan membencinya.

Pasang lampu di jalan dekat rumahmu, bantu tetangga yang membutuhkan keahlianmu, bagi sedikit rizkimu. Itulah diantara cara kita berbuat baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)