Kamis, 13 Februari 2014

Penyakit Gaya Hidup

Kemarin beberapa orang datang ke rumah untuk suatu urusan, dan iseng minta saya untuk mengukur tekanan darahnya. Batas atas  orang pertama 160. Orang kedua 170.  Melihat tekanan darahnya setinggi itu, tak tampak rasa takut diwajahnya. Dia merasa itu dalah hal biasa. Asal kepala tidak pusing, bukan soal yg dianggap serius.

Tekanan darah tinggi adalah ancaman stroke. Dan ketika masyarakat kelas bawah yg menjadi sasaran, maka akan menjadi masalah kompleks.

Saya menduga, anggaran kesehatan yang keluar dari negara maupun individu akibat dampak penyakit ini amat  besar. Belum beban psikologis yang ditanggung penderita dan keluarganya.

Tak banyak sosialisasi tentang penyakit gaya hidup. Tak ada materi disekolah yang fokus di persoalan ini. Pelajaran Olahraga Kesehatan hanya menjadi pelengkap dan tak berorientasi pada ketrampilan hidup. 

Tak banyak calon ibu lulusan SMA yang paham bagaimana menyajikan makanan sehat bagi keluarga. Semuanya harus belajar sendiri-sendiri.

Minggu-minggu ini saya banyak membaca sebuah buku Best Seller "The Miracle of Endorphin". Yang menurut saya, isinya lebih banyak mengulas tentang bagaimana menjalani gaya hidup sehat, yang ilmu ini tidak kita peroleh di sekolah.

Nanti akan saya ceritakan item-item yang saya dapat dari buku ini. Selalu ikuti blog ini ... :)

#healthy  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)