Rabu, 12 Februari 2014

Mensetup Habit Baru : Jalan Kaki

Sebenarnya di awal 2014 saya melakukan setup terhadap beberapa habit yang terkait dengan motivasi, makanan dan olahraga. Diantara ketiganya, hanya menulis blog tiap hari yang benar-benar terealisasi. Lainnya belum bisa saya kerjakan secara istiqomah.

Benar kata teman saya, setup habit satu persatu secara serial. Habis satu habit berjalan dengan baik, baru menambah habit baru. Untuk benar-benar menjadi habit, sebuah perilaku harus berjalan terus menerus selama 60 hari. Karena 60 hari terlalu lama, saya memilih 40 hari saja hehe...

Habit yang ingin saya setup di pertengahan februari ini adalah jalan kaki tiap pagi. Membaca buku dr. Heruyama memotivasi saya untuk langsung melakukannya hari ini. Alhamdulillah dapat 330 langkah. Hasil yang tak terlalu buruk untuk sebuah langkah awal. Saya menggunakan aplikasi Noom Walk di Android untuk mengukur langkah.

Sebenarnya standartnya minimal 5000 langkah perhari. Namun untuk mencapai itu perlu latihan bertahap.

Dr. Heruyama sendiri melakukan jalan kaki secara rutin untuk menjaga kesehatannya. Dia tetap jalan kaki meskipun hujan. Katanya, Saya bisa berjalan kaki sambil membawa payung kan ? Kecuali jika yang datang hujan badai.

Mudah mudahan habit kedua ini sukses seperti keberhasilan saya membiasakan ngeblog tiap hari.

#habit #healthly

2 komentar:

  1. usulku malah cukup mulai dengan 10 langkah tiap pagi cak, tambah 5 langkah tiap ahad. terus lakukan selama masih hidup :)

    BalasHapus
  2. Kalau sepuluh langkah kekecilen, minimal 100 langkah :)

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)