Selasa, 07 Juli 2015

Para Pencari Hikmah


Bagi kamu yang selalu hidup dengan pikiran husnusdzon, maka kamu akan mendapati bahwa selalu ada hikmah dibalik kejadian. Selalu ada pelajaran berharga yang bisa kamu reguk, ada manfaat yang bisa kamu petik.

Suatu hari saya bersama seorang kawan berkunjung ke sebuah pabrik konveksi untuk meningkatkan wawasan kami di bidang bisnis. Tujuannya tentu untuk memperkaya wawasan kami soal kewirausahaan. Wawasan semacam ini kadang tak bisa didapatkan hanya dengan sekedar sekolah dan membaca buku. Perlu belajar langsung dengan orang yang sudah berpengalaman.

Pemiliknya seorang muda yang waktu itu belum menikah. Meskipun begitu, usahanya beromset tak kurang 3 miliar sebulan. Saya diajak berkunjung ke pabriknya. Benar-benar pabrik dengan  tak kurang 80  karyawan. Sebuah prestasi yang mengagumkan.

Kami bertanya, bagaimana dia bisa menggapai kesuksesan seperti saat ini? Dia bercerita bahwa dia berasal dari orang biasa. Sejak kecil dia tidak pernah mendapat apresiasi dan pujian. Dia diremehkan. Dia dianggap sebagai orang yang masa depannya suram.

Dia "dendam". Anggapan orang tentang dirinya menyulut semangatnya. Aku harus bisa membuktikan. Harus. Dia berusaha keras. Dia di terima di ITB. Dan setelahnya, dia mendirikan perusahaan di bidang konversi, dan berhasil.

Pemuda ini ternyata memetik hikmah dari hidupnya yang kelam. Seandainya dulu dia tidak diremehkan orang apakah dia punya semangat kuat untuk berhasil dan membuktikan bahwa dia tidak seperti yang disangka? Maka berterimakasihlah kepada orang yang meremehkanmu, karena dengannya kamu mendapat hikmah.

Mungkin kamu pernah mendengar nama Ibu Kartika? Beliau adalah pengusaha busana Keke. Beliau menjadi besar seperti sekarang bukan dari sesuatu yang mudah. Namun berangkat dari PHK.

Saat krisis ekonomi, beliau, bersama suaminya terkena PHK. Dalam ketidakpastian pendapatan, beliau berfikir keras mencari ide untuk menyambung hidup keluarga. Maka dengan perjuangan yang mebguras keringat dan air mata berdirilah perusahaan busana Muslim Keke, yang tak hanya bisa menyambung hidup keluarganya, namun juga banyak keluarga lain di sekitar pabriknya. PHK, kejadian yang amat tidak menyenagkan itu, bisa mengantarnya menjadi pengusaha sukses.

Seandainya beliau tidak kena PHK, apakah Busana Keke yang seperti sekarang ini ada? Apakah Ibu Kartika bisa besar seperti sekarang ini? Maka dibalik PHK ada hikmah.

Itu adalah sedikit contoh bahwa setiap kejadian itu ada hikmahnya. Masih sangat banyak kisah-kisah serupa. Bahkan dalam situasi yang tidak sedramatis itu, kamu pernah merasakan hikmah dibalik kejadian yang menimpamu.

Bagi kamu yang selalu yakin bahwa Tuhan selalu memberikan yang terbaik, maka kamu akan selalu bisa menemukan hikmah positif dari semua kejadian yang kamu alami.

Namun bagi kamu yang selalu berfikir buruk kepada Tuhan, maka kamu tidak akan bisa memetik hikmah dari setiap kejadian yang menimpamu. Matamu buta, telingamu tuli. Dan kamu benar-benar akan mendapati kamu dalam situasi buruk.

Jadi jangan berputus asa, jika kamu cari, disetiap kejadian selalu ada hikmahnya....

*) gambar dari http://hqwallbase.com/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)