Sabtu, 11 Juli 2015

Lima Hal yang Kamu Dapat Dari Memberi


Diantara kebijaksanaan hidup yang sering diajarkan adalah memberi, giving. Walaupun memberi akan mengurangi uangmu, namun memberi sangat banyak mendatangkan manfaat. Banyak orang memberikan testimoni betapa memberi telah membuat hidup mereka lebih baik.

Dalam agama, memberi dianggap sesuatu yang sangat penting. Sangat banyak perintah untuk berzakat dan anjuran untuk berinfaq dan sedekah.

#1. Kamu Mempunyai Mental Kaya

Orang kaya mempunyai harta berlebih. Ketika kebutuhan primer, sekunder, tersier, quarter sudah terpenuhi maka memberi akan terasa lebih ringan. Coba lihat kebiasaan orang kaya selain belanja dan wisata. Mereka memberikan donasi.

Pangeran Arab Saudi Alwaleed bin Talal telah menyumbangkan 3,5 miliar dolar AS selama 35 tahun melalui Alwaleed Filantropi. Bahkan dia akan mendonasikan kekayaannya yang bernilai US$ 32 miliar atau Rp 427,2 triliun setelahnya.

Buffet pernah menyumbangkan kekayaan US$ 3,084 miliar atau sekitar Rp 29,2 triliun melalui Howard G. Buffet Foundaton, NoVo Foundation, dan Sherwood Foundation.

Mark Zuckerberg pernah menyumbangkan US$ 499 juta atau sekitar Rp 4,7 triliun dari hartanya melalui Sillicon Valley Community Foundation.

Terakhir Kamu Le. Kamu juga mendonasikan hartamu untuk memberi bingkisan THR kepada tetanggamu, atau orang lain yang layak diberi dan dimotivasi.

Setelah kamu memberi, apa yang kamu rasakan? Ajaib, kamu merasakan apa yang dirasakan  Pangeran Waleed saat mendonasikan uangnya yang 3,5 miliar dolar itu.

Maka dengan memberi kamu sudah belajar untuk mempunyai mental kaya, kamu belajar menyisihkan hartamu untuk orang lain, kamu belajar membuat uangmu menjadi lebih. Kamu telah menjadi miniatur Alwaleed bin Talal. Mudah-mudahan nanti hartamu akan sebanyak dia.

#2. Kamu Menjadi Lebih Bahagia

Menurut studi tahun 2008 oleh Harvard Business School, Professor Michael Norton membuktikan bahwa memberikan uang kepada orang yang membutuhkan meningkatkan perasaan bahagia dibandingkan jika dihabiskan untuk diri sendiri.

Maka kamu bisa merasakan perasaan positif ketika memberi sesuatu kepada orang lain. Kamu senang melihat mereka bahagia. Hormon endorphin dalam tubuhmu keluar dan meningkatkan kebahagiaanmu.

#3. Mempererat Hubungan

Memberi juga merupakan cara paling mudah untuk menjaga hubungan antar manusia. Kamu bisa menjaga hubunganmun dengan tetangga, kawan, pasangan dengan memberi sesuatu kepada mereka. Mungkin hadiah, makanan atau lainnya.

Memberi bisa membuat, meningkatkan, dan menjaga hubungan antar manusia. Jika kamu mempunyai masalah dengan tetanggamu cobalah kamu memberinya sesuatu, dan lihat keajaiban yang terjadi.

#4. Rezekimu Malah Bertambah

Mungkin kamu heran, mengapa milyarder menyumbangkan sedemikian banyak uangnya? Apa gak sayang? Apa tidak mengurangi omset mereka? Bukankah lebih baik buat membuka bisnis baru?

Kamu keliru, justru mereka meyakini bahwa dengan beramal akan membuat bisnis mereka semakin besar.

Tuhan akan menggandakan harta kamu 10 sampai 700 kali jika kamu memberi dengan ikhlash. Jika kamu ingin rezeki dari Tuhan maka keluarkan sebagian rezekimu untuk orang lain.

#5. Bentuk Syukur Yang Paling Dalam

Memberi juga merupakan cara bersyukur yang paling dalam, karena Tuhan telah menganugerahkan rizqi padamu. Apa yang kamu peroleh sesungguhnya adalah anugerah Tuhan. Peranmu dalam memperoleh rizqi ini sangat kecil. Ada orang lain yang bekerja lebih keras memperoleh sedikit rizqi dibanding dirimu.

Tuhan telah memilihmu, dan memberikan sebagian rizki kepada orang lain adalah rasa syukurmu yang paling dalam.

Itulah 5 manfaat memberi yang akan membuatmu menjadi lebih baik. Memberi akan membuat kamu dilebihkan oleh Tuhan dan dinaikkan derajatmu disisinya.

------
Gambar dari http://www.takrim-alquran.org/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)