Minggu, 21 Juni 2015

Kebaikan Bersyukur


Saya ingin mengatakan bahwa seandainya dirangkum, semua teori tentang perbaikan diri, kebahagiaan hakiki, akan mengarah pada kata syukur.

Meskipun syukur ini membahagiakan namun tak banyak orang yang bisa bersyukur, bisa jadi karena kedengkian, bisa jadi karena memang tidak tahu, atau karena tak pernah melatihnya.
Sesungguhnya Allah sentiasa melimpahkan kurnia-Nya kepada manusia (seluruhnya), tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur.(QS. al-Baqarah: 243)
Mengapa Perlu Bersyukur

Rasa Syukur adalah rasa terimakasih atas segala sesuatu yang kamu miliki. Kamu merasa bahwa semuanya adalah karunia Allah terbaik. Pekerjaanmu, keluargamu, anakmu, suamimu, istrimu, temanmu, bahkan alam disekitarmu memberikan kebaikan pada dirimu.

Jika kamu mempunyai rasa seperti yang saya sebutkan diatas, maka di dunia ini, tak ada yang lebih beruntung dibanding kamu.

Perasaan bersyukur (thankfull), akan memberikan sesuatu yang baik padamu. Kamu akan melihat sesuatu yang sebelumnya belum pernah kamu lihat. Pasangan yang menyenangkan, anak yang membahagiakan, pekerjaan yang mengasikkan, dan tetangga serta partner kerjamu yang enak diajak kerjasama. Semua yang bertemu denganmu akan mendukungmu.

Mengapa demikian? Karena kamu sudah berprasangka baik kepada semua orang, hatimu penuh dengan rasa terimakasih. Rasa ini akan mendorong dirimu menjadi senang(happy), dan perasaan senang ini akan membuat wajahmu berseri, dan seluruh sel dalam tubuhmu ikut bahagia.

Ketika kamu dalam keadaan senang, bersyukur, maka kamu akan mempunyai energi yang menarik hal-hal positiuf disekitarmu. Namun sebaliknya jika kamu tidak bersyukur, maka kamu akan menarik banyak hal yang tidak menyengkan hatimu. Maka kamu tahu mengapa orang bersukur semakin bahagia dan begitu sebaliknya.

Kamu bisa melakukan percobaan sederhana untuk hal ini:.

Cobalah tersenyum kepada orang lain, apa yang dilakukan orang lain kepadamu. Berikan kue kepada orang lain dan apa yang akan kamu dapatkan.

Orang yang engkau beri senyum akan memberikan kamu senyum, dan orang yang kamu beri kue akan membalasmu dengan balasan yang baik, mungkin ungkapan terimakasih, atau kebaikan lain.

Dalam hukum yang lebih luas, maka Allah akan mengkaruniakan kebahagiaan dan nikmatnya lagi dan lagi, kepada siapa saja yang selalu bersyukur.
Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu mema`lumkan: "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (ni`mat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (ni`mat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih" (QS Ibrahim : 7).

Akibat Tidak Bersyukur

Namun kebalikannya, ketika kamu tidak bersyukur, selalu mengeluh dengan apa yang kamu dapatkan. Mengeluh tentang istrimu, mengeluh tentang pekerjaanmu, mengeluh tentang anak buahmu, mengeluh tentang tetanggamu, mengeluh tentang anakmu yang nakal. Maka semakin kamu mengeluh, maka apa yang kamu keluhkan itu semakin menghampirimu.

Jika kamu mengeluh, maka bukan karunia Allah yang datang, namun adzabnya. Kamu akan menemui hal-hal buruk dalam setiap langkahmu.

Jika kamu mengeluh tentang anakmu yang nakal, maka kamu akan melihat anakmu yang semakin nakal. Jika kamu mengeluh tentang kesempitan rezekimu, maka kamu akan semakin sulit untuk mendapatkan rizqi. Maka mulai saat ini baliklah semuanya, syukurilah semuanya, ...

Cara Sederhana Menghadirkan Rasa Syukur.

Ada orang yang sudah tahu pentingnya bersyukur, namun selalu sulit untuk bisa menerapkan hidup dalam suasana syukur. Setiap hari kamu bersinggungan dengan berbagai informasi racun yang masuk melalui mata dan telingamu, melalui media internet atau televisi.

Ada cara sederhana untuk membuatmu tetap bersyukur.

Laluilah pagimu dengan melakukan amal baik. Kamu memulainya dengan sholat Subuh, lalu membaca AlQuran barang sehalaman, atau berdzikir barang lima menit. Jika berdzikir, maka bacaan istighfar mungkin bisa menjadi pilihan, karena istighfar bisa membersihkan dosamu.

Lalu ungkapkan keinginanmu dalam bentuk kesyukuran misalnya:
  1. Aku bersyukur kepadamu Ya Allah karena hari ini Engkau telah menganugerahkan rizki yang berkah berlimpah.
  2. Aku bersyukur kepadamu Ya Allah karena hari ini Engkau telah menganugerahkan pasangan hidup yang menyenangkan
  3. Aku bersyukur kepadamu Ya Allah karena hari ini Engkau telah menganugerahkan kesehatan kepadaku dan keluargaku.
  4. Aku bersyukur kepadamu Ya Allah karena hari ini Engkau telah menganugerahkan anak yang pintar, berbudi dan menyenangkan.
Yakinlah, maka kamu akan menemukan banyak kebaikan di hari itu.

Ketauhilah bahwa

Ayah/Ibu yang bersyukur akan menghasilkan anak yang sholih
Guru yang bersyukur akan menghasilkan murid yang pandai
Pegawai yang bersyukur akan membuat perusahaan menjadi semakin berkembang
Atasan yang bersyukur akan membuat bawahan produktif.

Maka mulailah hari-harimu dengan penuh rasa syukur ....

---
*) image by Roden Respati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)