Sabtu, 20 Juni 2015

Cara Menanam Sifat Positif dalam Dirimu

Baik, kita lanjutkan perbincangan tentang positive mindset di Ramadhan ke 3 ini. Kali ini kamu akan berlatih menghadirkan sifat positif dalam dirimu.

Sebelum kamu mencoba memperbaiki keluarga dan masyarakat, maka yang harus kamu lakukan adalah mencoba memperbaiki dirimu sendiri. Kamu harus bisa menghadirkan sifat positif dan mengganti sifat negatif dengan sifat positif.

Manusia selalu mempunyai dua sisi. Fujur dan taqwa. Positif dan negatif. Manusia dengan sifat positif dominan akan hidup dengan lebih baik, lebih optimis dan lebih bahagia.

Kedua sifat ini bisa diasah. Jadi jika ada sifat negatif dalam dirimu, jangan khawatir, kamu bisa membaliknya menjadi sifat positif. Dan jika kamu mempunyai sifat positif, maka kamu bisa terus mengasahnya agar mendapat capaian yang maksimal.

Kamu bisa berdoa agar Allah menganugerahkan pribadi positif dalam dirimu. Jika kamu berdoa, maka kamu harus mengetahui apa yang kamu ucapkan, bukan hanya itu, namun juga yakin dan sunggung-sungguh berharap. Jika kamu berdoa dengan apa yang kamu tidak paham maknanya, hanya dibibir dan tidak sampai ke hati, saya meragukan bahwa doamu akan jadi kenyataan.

Cara lainnya adalah dengan melakukan ritual bersukur, saya pernah melakukan hal ini untuk mengembangkan sifat positif dan membuang sifat negatif yang ada dalam diri saya, dan saya merasakan manfaatnya.

Carilah sifat-sifat dirimu, misalnya lima sifat positif dan lima sifat negatif, dan susunlah dalam daftar sifat yang kamu miliki. Pastikan kamu benar-benar jujur.

Sebagai contoh saya akan membuat daftar dua sifat positif dan dua sifat negatif.

Carilah sifat-sifat positif dari dirimu, misalnya kamu punya sifat positif penyayang dan rendah hati.

Carilah sifat negatif dirimu, misalnya pesimis dan suka mengeluh.

Untuk sifat negatif, carilah antonimnya, misalnya pesimis dengan optimis, suka mengeluh dengan tegar.

Lalu buatlah ungkapan kesyukuran atas anugerah Allah akan sifat-sifat positif yang kamu harapkan contohnya:

  1. Alhamdulillah aku bersyukur kepadaMu Ya Allah, karena Engkau telah menganugerahkan kepadaku sifat penyayang.
  2. Alhamdulillah aku bersyukur kepadaMu Ya Allah, karena Engkau telah menganugerahkan kepadaku sifat rendah hati.
  3. Alhamdulillah aku bersyukur kepadaMu Ya Allah, karena Engkau telah menganugerahkan kepadaku sifat optimis.
  4. Alhamdulillah aku bersyukur kepadaMu Ya Allah, karena Engkau telah menganugerahkan kepadaku sifat tegar.
Bacalah setiap engkau bangun tidur atau setelah sholat subuh. Hadirkan hatimu ketika kamu membacanya. Lakukan setiap pagi selama tiga bulan, dan rasakan dampaknya dalam hidupmu. 

Di hari ke tiga bulan Ramadhan ini renungkanlah kandungan makna surat Asy Syams, Mudah-mudahan kamu mendapat pencerahan.
  • maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya, (8)
  • sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu, (9)
  • dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya. (10)

--------
*) Gambar dari Internet


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)