Senin, 13 April 2015

Ngeblog Santai ....

Saat ini sesungguhnya era blogging sudah usai. Masih ada, namun seadanya. Seperti ada beberapa orang masih menyukai VW kodok, sepeda ontel, begitulah nasibnya. Kondisi blog sudah tergantikan dengan sesuatu yang lebih simpel dan selalu terhubung. Media Sosial.

Ide untuk mengintegrasikan blog dengan mesin sehingga masing-masing blog terkoneksi, gagal, dan perannya telah digantikan media sosial. Anda yang pernah hidup di era blog, pernah ngadain pesta blogger gak usah meratap.

Mungkin ada yang dulu menjadi selebritis blog, dipuja-puja. Atau menjadi konsultan dan ahli blog. Namun anda harus menyadari bahwa jaman telah berubah. Dan setiap trend itu ada jamannya.

Beberapa kawan ada yang dulu blognya bagus-bagus, sekarang hilang. Bisa jadi ada yang berfikir, saya capek nulis, riset kesana-kemari, baca sana-sini, lalu menuliskannya gak dapet apa-apa. Bahkan kalah sama anak-anak kemarin sore, ambil source kanan kiri lalu acak kata-katanya, pasang ansense disitu, eh, malah sama google ditempatin di rangking satu pencarian dan dapat uang. Sakitnya tuh disini ... :)

Tempatkan blog sesuai dengan peruntukan dan jamannya. Kalau blog untuk mendukung kompetensi dan karir anda, kelola dia secara serius. Namun jika hanya untuk suka-suka seperti saya, isi saat anda punya ide dan waktu senggang. Gak usah memaksakan diri mencari-cari ide. Itu semua cost, kalau gak ada returnnya, sayang waktumu. Santai saja.

Saya menyadari kebanyakan return yang didapat blogger memang hanya kepuasan yang sifatnya psikologis, bukan materi. Bahkan situs seperti http://liriknasyid.com tiap tahun harus memperpanjang hosting tanpa ada pemasukan. Itu harus disadari sepenuhnya.

Jangan mengharapkan return jika blog tidak didesain untuk memberikan return.

Hari ini saya mencoba melakukan aksi untuk mendapatkan return.

Pertama, blog ini adalah blog suka-suka, saya gak mencari return dari sini. Hanya untuk happy-happy saja. Murni share, sehingga updatenya adalah selagi ada ide dan sempat menuliskannya. Sayapun memindahnya ke situs gratisan karena saya gak ingin disibukkan memelihara situs. Udah nulis ajah.

Kedua, saya menampilkan iklan google untuk situs liriknasyid.com, tujuannya agar dia bisa menghidupi dirinya sendiri.

Ketiga, saya membuat blog khusus untuk menjual produk. Bahkan untuk blog ini saya juga tidak menempatkannya pada hosting berbayar. Cukup menggunakan blogspot. Sekali lagi saya tak ingin disibukkan dengan tetek bengek maintenance situs, ngabisin waktu. Fokus membuat content untuk jualan. Situs itu adalah http://abonikanpakgondo.com dan http://bawanggorengtetangga.blogspot.com

Selama hari senin kawan, apakah anda juga termasuk mantan blogger atau blogger yang berubah haluan seperti saya? hehe....

2 komentar:

  1. yeeyyy keren, tulisannya keren, mengingatkan ane pada masa2 kejayaan para blogger. dimana orang-orang berlumba untuk bikin tulisan yang bagus dan menginspirasi.

    sampai hari ini saya masih aktif jadi blogger, bukan sekedar suka-sukaan, tapi emang suka beneran. tepatnya suka menulis.

    alasan lain kenapa masih bertahan menjadi blogger adalah karena saya sendiri ternyata sering browsing dan menemukan solusi2 masalah saya di blog orang lain, yang mungkin tulisannya sudah di publish beberapa tahun yg lalu, tapi masih berguna buat saya.

    soal return, jujur saja, memang belum banyak menghasilkan dari aktivitas hobi ini, tapi memang saat ini bukan itu yang diharapkan.

    wait ur next post, biasanya orang klo udah ga mikirin uang, nulisnya bakal lebih ngalir, karena udah ga kepentok sama keyword2. keep writing mangs.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin kita seperti orang tua jaman sekarang yang masih suka keroncong ya mas noe wkwkwk...

      Saya sendiri masih senang berbagi. Dan blog ini tetap akan saya jadikan tempat yang tetap idealis hehehe...

      Salam hangat mas :)

      Hapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)