Rabu, 11 Maret 2015

Kereta Rapih Doho Kini

Agak lama gak ngeblog, dan pagi ini saya sadar bahwa saya ada beberapa  gambar di handphone. Adalah kebiasaan saya mengambil gambar menarik dengan kamera handphone dengan tujuan nanti dimuat di blog, kalau sempat hihihi....

Akhir Pebruari kemarin saya ke Surabaya sekeluarga. Pilihan transportasi yang enak dan murah, jatuh ke kereta api. Memang sedikit susah saat pemesanan tiket, karena kereta jarak pendek seperti ini mengharuskan kita datang langsung ke stasiun, dan jarak ke stasiun: 30 menit naik motor, itupun kadang kita tidak kebagian tiket. Tempat saya di daerah Durenan Trenggalek, dan stasiun KAI ada di Kota Tulungagung.

Pas saya beli tiket, Tulungagung-Surabaya hanya Rp.5500,- , jadi Rp.50.000,- bisa berempat PP, murah buanget :). Tapi kabarnya per 1 April 2015 PT KAI mau naikin sekitar 200%. Jadi bukan 5.500 lagi namun 15.000.  Sebenarnya masih terhitung murah sih, tapi mbok ya jangan langsung 200% gitu lah, walaupun PT KAI gak untung, anggap saja CSR nya PT KAI ke Masyarakat. Tapi gak tahu apa pertimbangannya, kan sekarang apa-apa dinaikkan demi pemasukan negara. Halo Mr. Hopeless :)

Kereta Api Doho adalah kereta jarak dekat yang melayani rute Blitar - Surabaya melalui Tulungagung, Kediri, Sukomoro (Nganjuk) , Jombang, Mojokerto, Sidoarjo, Surabaya. Saya berangkat dari Tulungagung jam 5 pagi, sampai di Surabaya jam 10.30.  5,5 jam.

Apa enaknya naik Kereta Rapih Doho ke Surabaya.

Pertama bersih dan aman. Walaupun murah kebersihan kereta dijamin bersih, beberapa petugas kebersihan beberapa kali terlihat membersihkan sampah di kereta. Beberapa petugas keamanan juga terlihat mondar-mandir dari gerbong ke gerbong. Hal yang tak dijumpai sepuluh tahun lalu.

Sekarang dikereta juga tak terlihat adanya pedagang asongan, pengamen yang mondar-mandir di gerbong, sehingga penumpang lebih merasa nyaman.

KAI Rapih Doho yang bersih

Kedua, terdapat colokan listrik, sehingga kalau kamu bepergian gak mati gaya karena Smartphonemu kehabisan baterai. Ada sedikit saran, bawalah stop kontak T dalam perjalanan sehingga kalau stop kontak sudah digunakan orang kamu masih kebagian :)

Ada stop kontak buat charge HP
Ketiga dingin, Ada 3 AC dalam satu gerbong, sehingga kami gak akan kepanasan diperjalanan.

AC dalam gerbong
Keempat, disediakan toilet yang cukup bersih. Ada dua toilet dalam satu gerbong.

Toilet yang cukup bersih
Kelima bebas macet. Kalau naik bus ke Surabaya, begitu sampai Krian dan Sepanjang rasanya bete banget karena segera berhadapan dengan kemacetan. Kalau naik kereta, begitu sampai Krian, rasanya sudah sampai Surabaya, karena jarak ke kola sudah tidak jauh lagi, disamping dengan kereta kita akan terbebas dari kemacetan.

Oh ya, yang perlu anda catat, dikereta ini tidak ada orang jualan loh, termasuk dari PT KAI, jadi persiapkan logistikmu sebelum naik kereta....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)