Rabu, 25 Februari 2015

Sehat dengan Bersepeda Tiap Hari :)

Setelah membaca buku "The Miracle of Endorphin", keajaiban hormon Endorphin yang bukunya dipinjam teman saya dan belum dikembalikan, saya merasa perlu untuk berjalan kaki tiap pagi.

Pengarang buku itu, dr.Heruyama menyebutkan bahwa ada tiga elemen penting pembangun kesehatan: Pola Makan, Meditasi, Olah Raga.

Saya seorang Muslim, ajaran agama telah memberikan banyak waktu untuk "Meditasi", sehingga hanya tinggal dua hal yang harus dilakukan, mengatur pola makan dan olahraga.

Hingga saat ini saya belum berhasil mengatur pola makan dengan baik. Memang, saya sering makan dua kali sehari, namun porsinya itu, dua tiga piring :). Untung saya muslim dan setiap tahun saya dilatih kembali untuk mengatur pola makan dengan berpuasa di bulan Ramadhan.

Nah. yang ketiga ini olahraga. Semula saya ingin meniru dr.Heruyama. Dia pejalan kaki. Dia berpesan bahwa olahraga yang baik itu gerak tapi tidak berat. Juga harus ada unsur Happy. Inilah yang membedakan antara olahraga dan bekerja. Dalam bekerja mungkin kamu melakukan gerak otot, tapi terlalu berat, atau kamu tidak happy.

Alasan ini yang menyebabkan dia memilih jalan kaki. Dalam sehari dia akan berjalan kaki selama satu jam untuk 10000 langkah. Dia istiqomah, meskipun hujan salju, selama dia masih bisa pakai payung, dia akan terabas itu. Dia sudah pada level istiqomah.

Saya semula menirukannya, setiap pagi untuk sekitar 500 langkah saja. Namun ada kendala berjalan di pagi hari. Pertama, karena rumah saya di desa, agak siang sedikit, sudah banyak orang, dan keramahan orang-orang itu agak mengganggu saya dalam berolah raga. Kedua, saya mempunyai "pasien" sehingga waktu pagi saya sangat mepet.

Beberapa hari ini saya mencoba dengan gaya lain: bersepeda. Kelihatannya ini olahraga yang cocok bagi saya. Selama seminggu ini saya bersepeda selama seperempat jam tiap pagi.

Saya tidak terganggu dengan orang, jangkauannya lebih jauh, saya bisa melewati persawahan yang segar. Ini gak berat dan rekreatif sekali.

Saya berharap olahraga yang ini bisa istiqamah ....

Be health, be happy.

2 komentar:

  1. iya saya juga sudah beberapa kali mencoba berjalan kaki setiap hari selama setengah jam, efeknya memang luar biasa.

    oia, yang dimaksud "pasien" itu apa ya (kepo) ? apakah cak edy seorang dokter ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Nugraha : Wah, itu mantab sekali mas Noe, apalagi kalau bisa rutin.

      Saya bukan dokter mas Noe, sudah tiga tahun ini saya pulang kampung di Trenggalek yang salah satu alasannya adalah merawat ibu saya yang terkena serangan stroke, sehingga bagian kanan tubuh beliau lumpuh. Jam 5.30 beliau selalu minta mandi, sehingga waktu pagi saya cukup sempit :)

      Hapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)