Senin, 31 Oktober 2011

Format Tanggal dan Mata Uang yang Menyebalkan

Beberapa hari ini saya disibukkan dengan variasi penulisan mata uang dan tanggal. Energi sering terbuang hanya untuk mengubah dari format Indonesia ke format yang digunakan perangkat lunak dan begitu sebaliknya.

Untuk format tanggal, di Indonesia lebih dikenal format d-m-Y H:i:s sementara yang banyak saya jumpai pada perangkat lunak seperti database format tanggal yang digunakan adalah Y-m-d H:i:s. Format yang terakhir yang menurutku format yang tepat karena mudah untuk di "shorting".

Untuk format mata uang di Indonesia menggunakan (Cth Rp. 20.000.000,00) sedangkan di form HTML5 menggunakan (Cth Rp. 20,000,000.00).

Mengapa tak dibuat Standart Internasional tentang penulisan tanggal dan mata uang, sehingga lebih efisien ?

5 komentar:

  1. Lebih mudah untuk "dipendekkan"? :)

    Kalau datanya seragam semua, tinggal dibikin konverter. Kerjaan komputer jangan dikerjakan oleh manusia. Manusia itu kerjanya cukup menuliskan apa2 aja yang perlu dikerjakan oleh komputer. Komputer ga akan bosan mengerjakan hal yang monoton.

    BalasHapus
  2. di database enaknya pakai format datetime aja cak, terus untuk nampilkannya pakai SQL date_format, kita fleksibel banget pengin nampilin pakai format apapun dan data di database tetap pakai datetime. Tinggal milih option date_formatnya.

    Kalau uang biarin di databasenya angka biasa, cuma waktu view nya di konvert seperti : $nilai=str_replace(",",".",number_format($nilai,0));

    BalasHapus
  3. Kemarin sering melelahkan di urusan form input. Di form data currency ribuan dan jutaan harus dipisahkan dengan titik. Saya pake JQuery, tapi efeknya value form tak bisa dijumlahkn langsung. akhirnya saya temukan 'input type number' di html 5, tapi separasinya pakai koma. sy masih kesulitan utk mengubahnya ke titik.

    BalasHapus
  4. Sahabat Jogja2 Nov 2011 19.09.00

    dibuat format pakai javascrip,on change, dibuat span di sbelahnya input. so data yang masuk tidak terganggu, tetapi masih bisa informatif untuk user dalam input data.

    BalasHapus
  5. Itu juga salah satu alternatif menarik :)

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)