Rabu, 02 Juni 2010

Dukungan Sederhana Untuk Palestina

Kapal Kemanusiaan Fredom Flotilla

Untuk kesekian kalinya, Israel membuat ulah. Kali ini mereka menyerang dan menyandera Kapal Mavi Marmara dan beberapa kapal lain yang merupakan bagian dari kafilah Freedom Flotilla (Armada Kebebasan) yang ingin menuju Gaza untuk memberikan bantuan kemanusiaan. Tak kurang 15 orang aktivis kemanusiaan yang berada di dalam kapal itu syahid dibunuh pasukan Israel.

Gaza adalah sebuah kota dengan penduduk sekitar 1,4 juta jiwa yang sedang bertahan hidup karena keterbatasannya. Israel telah memblokade Gaza yang berbatasan dengan negaranya, juga laut gaza yang sebenarnya bukan hak mereka. Yang patut disesalkan adalah Mesir, mereka menempatkan negara mereka dibawah kaki Israel, dengan menutup perbatasan mereka di sepanjang perbatasan Palestina. Dengan demikian, mereka tidak mempunyai akses ekonomi keluar, bahkan bantuan. Blokade ini sungguh akan membunuh masyarakat Gaza secara pelan-pelan.

Berlayarnya kafilah Fredom Flotilla menunjukkan bahwa di dunia ini masih banyak orang yang masih mempunyai hati nurani dan semangat pengorbanan. Apapun hasilnya, mereka telah mengambil peran dalam misi kemanusiaan itu. Paling tidak, misi ini telah membuka mata dunia terhadap isu pemblokiran dengan berbagai efek penderitaan warga Gaza yang telah dilupakan orang.

Kita sebenarnya bisa turut berperan dalam dukungan kepada Palestina dengan cara-cara sederhana yang bisa kita jangkau :

  1. Jika kita pemilik akun Twitter, maka kita bisa meretweet dan membangun opini di Twitter dengan hashtag #frodemfrotilla #gaza atau #frotilla . Meskipun sempat dicurigai disabotase twitter toh akhirnya twitter tidak berdaya terhadap tekanan dari pengguna dan beberapa hashtag itu akhirnya muncul sebagai trending topik. Cara sederhana ini bisa menjadi tekanan informasi bagi Israel dan kroninya.
  2. Jika kita pemilik blog, kita bisa memasang link ke situs-situs yang memberitakan isu Palestina seperti : MER-C , Sahabat Al Aqsha , KNRP dan KISPA . Kita juga bisa memasang banner-banner yang disediakan MER-C seperti pada blog saya ini.
  3. Memberikan donasi melalui lembaga-lembaga yang saya sebutkan diatas atau lembaga lain yang kita percaya. Di tiap-tiap situs yang saya sebutkan diatas ada nomor rekening donasi untuk palestina. Jika ingin cara yang lebih praktis kita bisa menggunakan donasi via SMS yang dikoordinasikan oleh MER-C.

Ayo kita bantu Palestina, negara yang diawal mengakui kemerdekaan Republik Indonesia.

3 komentar:

  1. Sungguh luar biasa! Para relawan dari berbagai penjuru dunia berupaya memperjuangkan hak-hak azazi manusia, namun sang Zionist Israel dengan gagah dan pongahnya menunjukkan kebengisannya.
    Saya bertaruh, apapun sanksi yang akan dijatuhkan pada Israel oleh PBB dan Dunia, Amerika Serikat bersama sekutunya akan "diam membisu".
    Yang luar biasa itu siapa? Relawan, Israel, ataukan Amerka Serikat dan sekutunya?

    BalasHapus
  2. Kewajiban kita hanya berusaha, namun jalan kehancuran Israel Allah yang menentukan. Sebagaimana bangsa Indonesia yang tetap berjuang selama 350 tahun dengan senjata seadanya, yang kemudia berujung manis dalam sebuah skenario Allah SWT.

    BalasHapus
  3. Dukung Palestina, hancurkan Israel....

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)