Selasa, 21 Oktober 2008

Memberi Pelatihan Blogging Lagi

Setelah di penghujung Ramadhan kemarin saya mengisi pelatihan penulisan dan blogging di sebuah Pesantren di Kediri, maka dalam seminggu ini (13 sampai 18 Oktober) saya memberikan pelatihan blogging kembali di Sumenep Madura.


Untuk Pelatihan di Sumenep difasilitasi oleh Disinfokom, sedangkan pelatihannya ditujukan untuk organisasi-organisasi kemasyarakatan di wilayah Sumenep.


Pemkab Sumenep menurut pengamatan saya adalah pemkab yang rutin dan rajin mengkampanyekan perlunya titik-titik organisasi pemerintahan dan ornop untuk memiliki media publikasi di internet. Bahkan cita-citanya untuk membuat sumenep.go.id hanya menjadi sebuah gateway saja merupakan hal yang luar biasa.


Pada pelatihan-pelatihan sebelumnya biasanya kami latihkan pembuatan situs dengan menggunakan joomla CMS bahkan aura CMS. Ya, karena yang dilatih amatlah beragam tingkat kemampuan dan interaktifitasnya dengan komputer. Kami memilihkannya cara yang paling gampang untuk mereka mengerti.


Untuk minggu kemarin saya melatih 2 angkatan selama 6 hari, dan karena saat penggunaan blog memang lagi trend maka pelatihan saya arahkan ke pelatihan menggunakan wordpress dengan pertimbangan.



  1. Wordpress merupakan CMS yang paling simple cara penggunaannya diantara yang lain.

  2. Templatenya banyak dan bagus-bagus.

  3. Didukung oleh banyak plugin dan pengguna.

  4. Jika kesulitan hosting sendiri ada banyak penyedia layanan hosting cuma-cuma untuk dengan mesin wordpress, seperti di wordpress.com, dagdigdug.com, maupun blogdetik.com.

Meskipun pelatihan saya rancang sesederhana mungkin, dan berorientasi pada konten, namun seperti biasa banyak pertanyaan seputar membuat header yang bisa bergerak-gerak, perubahan font dan berbagai efek lain. Jika sudah demikian, saya yang keteteran karena harus menjelaskan HTML, CSS, Java Script dan semacamnya. Dalam pelatihan itu saya memang sengaja menghindari membawakan materi-materi itu, untuk menjaga agar mereka tidak merasa kesulitan dan putus asa karena anggapan membuat publikasi di internet itu susah.

2 komentar:

  1. Senin kmrn dan senin kemarinnya lagi saya ngisi "Ngeblog untuk Dakwah" yang diikuti oleh ustadz2 dari Surabaya, Gresik dan Sidoarjo di Telkom Gubeng Surabaya. Pas pembukaan sempat kikuk juga mo ngajari para asatidzah. Banyak pengalaman menarik bahkan lucu :) . Pakai Wordpress juga. Mumpung achedy ngisi Pelatihan Blogging, boleh dong makalahnya di-share buat ustadz2. Saya sempat menjanjikan tapi... waktu smentara masih sempit. Yo opo achedy?

    BalasHapus
  2. Oh ya, Sumenep adalah kota dimana saya dilahirkan dan dibesarkan ---bagaimana kabarnya sekarang yah? lama ga pulang--- sebelum akhirnya "terkatung-katung" di Surabaya ini...

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)