Rabu, 12 Desember 2007

Melawan Spam di Wordpress

Beberapa waktu ini hidup saya tidaklah tenang. Saya sering diganggu spam. Di kolom komentar saya, sering orang dengan menggunakan bahasa Inggris menawarkan ini itu, yang sama sekali tidak pernah saya butuhkan. Spam tidak peduli apa pengumumannya dibutuhkan orang atau tidak. Papan komentar di blog adalah sarana efektif untuk beriklan, dan para spammer kayaknya menyadari akan hal itu. Pernah saya punya teman spammer, semoga dia sekarang tersadar, yang mengatakan bahwa prinsip spammer adalah jika anda mengirim tiga ribu spam, masak diantara tiga ribu itu tak satupun meresponnya. Dulu memang mesti ada yang terjaring, namun sekarang saya tidak tahu lagi.

Di mesin Wordpress, dan saya kira mesin-mesin blog yang lain, ada beberapa cara melawan spam. Pertama dengan menggunakan fitur moderasi, dimana setiap komentar yang masuk harus diapprove admin jika ingin tampil diluar. Aman, tapi merepotkan. Waktu anda akan dihabiskan untuk melihat daftar komentar dan mengapprovenya, sedangkan dari pihak komentator juga tidak nyaman karena komentarnya tidak saat itu juga ditampilkan.

Saya pernah menggunakan Akismet. Sangat mudah instalasinya, tinggal memasukkan kode yang kita dapat dari wordpress dot com di plugin akismet, selesai. Bertahun-tahun cara ini efektif. Namun akhir-akhir ini saya sering kebobolan juga. Banyak spam yang tak teridentifikasi.

Saya tak menyerah, saya pasang anti spam yang namanya Math Comment Spam Protection. Isinya hitung-hitungan matematika, yang merupakan kombinasi satu sampai sepuluh. Satu hari setelah pemakaian, sebuah spam lolos. Dan alat inipun saya tinggalkan.

Saya gunakan Anti Spam matriphe! KeyCode. Semacam chaptcha, namun bukan gambar, dia hanya text saja yang di beri baju CSS sehingga nampak seperti gambar. Baru sehari, satu spam sudah bertengger di posting yang menjadi favorit spam.

Ternyata anti spam seperti captcha yang berbasis text terutama pada mesin-mesin blog populer, mungkin dimengerti polanya oleh spammer. Saya tinggalkan anti spam berbasis text.

Terakhir, atas saran seorang rekan, saya gunakan spam karma 2. Masih menggunakan setting default, karena saya tidak begitu faham dengan pengaturannya yang maha banyak itu. Sekarang masih dalam pengamatan, apakah dia bisa mengidentifikasi spam dengan lebih baik dari akismet ?

Namun saya akan menggunakan senjata pamungkas jika spam karma tidak mampu melawan spam. Sudah saya install di plugin dan tinggal mengaktifkannya jika sewatu-waktu diperlukan, yaitu sebenar-benar chaptcha.

16 komentar:

  1. saya pake 2 Pak : akismet dan keycodenya matriphe :P , tapi masih kebobolan juga :(
    hmm, yg saya tau, spamer2 itu ngabisin jatah benwit ... tp krn hosting saya masi gratis .. jd saya biarin aja
    mungkin bsk2 klo hostingnya gak gratis, saya install smua plugin anti spam :D

    BalasHapus
  2. berarti popularitas blog ente luar biasa kang (setidaknya di mata bot spammer), soalnya tempatku pake keycode, hampir kagak pernah jumpa lagi dengan spam, tapi tetep tak kombinasikan pake akismet :)

    spam karma bagus juga kok ... dulu pernah kupake, tapi terus tak lepas lagi, spam gak pernah lolos kok, tapi ya itu, kadang2 nangkring di moderated comment, tetep aja harus memoderasi beberapa kali

    BalasHapus
  3. salam jumpa lagi kang. makin sibuk aja nih.
    Biasanya alamat link kita tuh dah tersimpan di spammer. cara bodon yang dulu pernah saya pakai dan alhamdulillah sampai sekarang sudah tidak kena spam lagi adalah mengganti nama file *.php yang kita pakai untuk. misal 'komentar.php' kita gati aja dengan komen.php. mungkin bisa di coba kang.

    BalasHapus
  4. Blogwalking. Salam kenal. :) Very nice blog.

    BalasHapus
  5. Berdasarkan kesulitan yang dikatakan mas Andri #2 dan pendapat oleh mas Msy, maka dengan ini Akismet saya pasang lagi dan saya kombinasikan dengan pendapat mas Msy #3

    BalasHapus
  6. mas edy, sudah saya transfer dan email ya ke email panjenengan. suwun

    BalasHapus
  7. #6 Oh iya mas, nyampek kok emailnya.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  8. Bersyukurlah ada spam. Kita jadi kreatif kan??? :)

    BalasHapus
  9. bener emang kata kang dian. kita jadi kreatif. masih kenaspam tidak. moga dak aman.

    BalasHapus
  10. spam??
    Memang program pengganggu neh..
    mudah - mudahan spam hilang di dunia web!!

    BalasHapus
  11. salam kenal mas.
    saya juga benci spam ne..
    thx, artikelnya menarik..

    BalasHapus
  12. Wah, kalau soal ini ane kayaknya masih awam banget. Saking awam dan khawatirnya ama spam, sampai saat ini komentar-komentar ke blog ane harus ane approve dulu sebelum bisa tampil (memang ane biarkan settingnya begitu, daripada kebobolan spam). Lama-lama nggak enak juga sih kayaknya. Kasihan kan yang komen nggak langsung bisa ngelihat komentarnya. Gimana nih solusinya agar komen langsung muncul tapi betul-betul aman dari spam?

    BalasHapus
  13. saya juga sering banget didatangi spam,,,,

    BalasHapus
  14. Halo mas, saya mo berguru sama mas boleh? tentang hosting wordpress mas ke domain n hosting sendiri...?
    saat ini saya mau beralih ke domain sendiri, kebetulan domain dan hosting nya saya dah dapatkan secara gratis di co.cc dan 000webhost.

    saya masih g ngerti konsep kerja wordpress... saya mengerti sedikit tentang joomla tapi CMS masih kurang mudah buat saya... klo word press sendiri gmana..?

    klo saya boleh berguru ilmu dari abang, kira-kira kapan kita bisa chattingan bareng bang.
    e-mail aku [email protected]
    ihsan_nickname nama di chatnya mas. thx

    BalasHapus
  15. lsakjdlksjalkdjsajdljsaldjsaljdlsajdlsajdlsajdlj

    BalasHapus
  16. eh mas kira2 nek plugin biar g bisa di sisipi aplikasi php apa ya?

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)