Sabtu, 03 November 2007

Ekspedisi Kawah Ijen

achedySabtu lalu, saat rekan-rekan bereforia pesta Bloger, di sebuah kota nan hiruk pikuk yang bernama Jakarta, saya bersama beberapa rekan kantor memilih pergi ke sebuah puncak gunung nan sepi. Kawah Ijen di Bondowoso-Banyuwangi. Beberapa literatur menyebutkan kawah ijen adalah puncak Gunung Ijen, namun penduduk yang saya temui mengatakan bahwa itu Gunung Raung.

Jauh. Dengan mengendarai mobil kami berangkat dari Surabaya jam 10 malam, namun sampai kaki gunung sudah hampir jam 6 pagi. Lamanya perjalanan membuat kami hampir putus asa. Tak menyangka tempatnya akan sejauh itu.

Dari Bondowoso kami melewati jalan terjal berliku hingga mencapai hutan lebat gung liwang liwung tempat bersemayamnya Buto Cakil yang kami menyangka sudah tidak ada kampung setelahnya. Ternyata masih ada. Kemudian lewat lagi kami pada hutan dan ketemu lagi perkampungan. Begitu beberapa kali.

Meski di tengah hutan namun jalan kesana beraspal. Tapi jangan ditanya bagaimana kondisinya. Suatu saat kami menemukan jalan yang sudah berantakan aspalnya hingga kami mengatakan bahwa sudah habis aspal setelah ini. Semua aspal dan batunya terlepas bertebaran kemana-mana. Mobil naik turun. Kalau dia manusia pasti dia sudah berteriak-teriak memaki orang yang menyuruhnya lewat kesana. Namun setelah itu, masih ditengah hutan gung liwang liwung kami menemukan lagi jalan aspal yang mulus, seperti jalan di California. Begitu berulang beberapa kali.

Sebenarnya saya ingin sekali membuat tulisan tentang ini. Namun ternyata orang ini dan situs ini sudah bercerita panjang lebar seakan-akan semua data yang telah saya kumpulkan sudah tidak ada gunanya.

Hingga akhirnya saya hanya menulis sekelumit cerita sebagai prasasti bahwa sang ksatria pernah menjejakkan kaki di kawah gunung yang dahsyat itu.

4 komentar:

  1. Yang penting sekembalinya dari menjejakkan kaki ke puncak ijen pikiran menjadi fresh dan tidak suntuk lagi hehehe entar pinginnya bikin aplikasi di puncak ijen biar lancar dan cepat jadinya

    BalasHapus
  2. sama kang, pas kawan2 di Indonesia pada pesta blog, saya dengan sodara2 di sini, sibuk hiking di wilayah tertinggi di Singapura (walau hanya + 100 dpl) ;))

    BalasHapus
  3. begini bang klw kawah ijen tuh letaknya ya di gunung ijen kalwgununs raung adalah gunung megah yang terletak di sebelah barat daya kawah ijen damn termasuk kawah terluas di plw jawa dan di indonesia hanya ,mampu di tandingi oleh g tambora. klw ingi ke ke puncak sejati dan ingin trek yang menantang lebih baik lwt glenmore/kalibaru/ jalur baru yakni lewat sempu yaitu desa jambewangi...

    BalasHapus
  4. kawahn ijen....bener-bener luar biasa.....mantap....abis....
    pa lagi para penambangnya yang benar-benar hebat....
    sip.....pokoe...kawah ijen...

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)