Senin, 06 Agustus 2007

IE Masih Unggul Dalam Menampilkan Font Arab Berharakat

Ie vs firefoxBolehlah orang memaki-maki Internet Explorer, bahwa dia tidak mau menerapkan standart W3C dan berbagai alasan lain. Bahkan Priyadi sampai menemukan text ikon IE pada desktop komputer sebuah warnet diganti dengan kata Firefox Download Utility. Saya sendiri juga begitu, lebih banyak menggunakan Firefox dan terkadang Opera daripada IE. Alasan saya pada saat itu, IE memenuhi panel bawah, karena tidak mempunyai tab. Selainnya, saya tidak terlalu memperhatikan, karena level saya hanyalah penguna. Lebih -lebih sekarang saya malah tidak lagi menggunakan IE sama sekali karena menggunakan Linux. Microsoft tidak menyediakan IE secara resmi di Linux, meski beberapa pengembang membuat rekayasa agar IE bisa berjalan di Linux.

Namun, berdasarkan pengalaman saya menggunakan font arab pada browser, saya menemukan, bahwa dalam membaca font arab berharakat, tidak ada yang bisa menandingi kemampuan IE. Sebenarnya jika font tidak berharokat, baik IE, Firefox, maupun Opera semuanya bisa menampilkannya dengan baik, asal kita menaruh meta dibagian head HTML, namun jika tulisan arab itu berharakat, sambungan huruf akan terputus selain di Internet Explorer.

Dalam Firefox dan Opera, semua elemen font menempati satu spasi, sedangkan IE, harakat diletakkan sejajar dengan font yang dikenakan harakat.

Sebenarnya saya berkeinginan untuk membuat aplikasi Quran Zekr yang versi web, karena zekr versi desktop berjalan dengan amat lambat. Rencananya saya hanya akan menggunakan text sebagai databasenya, dan dibuat bisa berjalan di PHP 4 dan 5. Namun karena kendala itu, saya masih menunda dulu projek ini.

Dalam berbagai tulisan, banyak orang tidak menyukai IE namun untuk urusan menampilkan font arab berharakat, belum ada yang yang bisa menandingi IE.

Atau jika harus ada plugin atau setting browser Firefox dan Opera yang membuat dia tidak menampilkan font arab berharakat secara benar silahkan beritahu saya, jangan-jangan ini hanyalah karena ketidaktahuan saya saja.

2 komentar:

  1. AWW.Pak, sudah baca email saya di milist? saya minta tolong klo alamat aggregator saya di KMB di ganti Pak dari www.ummunadia.blogspot.com ke www.ummunadia.wordpress, makasih yaaaa Pak

    BalasHapus
  2. sejak dulu kupikir itu cuma masalah UTF nya saja ... eh charset maksudnya. Kalau charsetnya masih UTF-8 ya agak patah - patah.

    Tapi kalau sudah pake charset nya arab sana, bagus2 aja kelihatannya.

    Apa ini sebuah alasan untuk tidak membuang IE ke kotak sampah?

    ....

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)