Sabtu, 23 Desember 2006

"Drive Disk Online" Dengan GMail Drive

Menyimpan (storage) file pada disk komputer, saya rasa sudah biasa, namun menyimpan file - file dokumen di internet saya rasa belum banyak orang yang melakukannya. Ada beberapa keuntungan menyimpan file di internet, dimana kita bisa membuka dimana tempat yang ada koneksi internetnya. Cocok buat orang yang mobile dan selalu terhubung dengan internet.

Ada beberapa cara menyimpan file di internet. Bisa menggunakan layanan berbayar, dan tidak berbayar. Yang selalu diinginkan adalah tidak berbayar, namun namun aman, dan bisa dipercaya (halah mau enaknya :p), tidak seperti hosting gratisan, yang ketika kita sudah membuatnya sebagai menyimpan data kita, ternyata data raib entah kemana.

Sampai sekarang terkadang saya menyimpan file di geocities. Namun, di geocities kita tidak bisa mempassword sebuah folder, karena geocities memang digunakan untuk web hosting. Untuk file koleksi pribadi, saya rasa menggunakan geocities kurang aman, selain kapasitasnya yang hanya 15 MB.

Gmail, yang mempunyai kapasaitas sekitar 2796 MB, ternyata menggelitik sebagian orang untuk membuatnya sebagai media penyimpan file. Adalah Richard Jones, yang mempunyai ide menarik untuk membuat gmail yang berkapasitas besar itu menjadi tempat penyimpanan file. Program yang berjalan di Windows ini akan nampak seperti sebuah drive.

Caranya sangat gampang, pergilah ke http://www.viksoe.dk/code/gmail.htm lantas downloadlah GMail Drive yang freeware ini dari sana. Exstrak, dan installah. Setelah anda refresh, maka akan muncul Gmail Drive. Setelah anda melakukan login, maka andapun bisa menggunakannya layaknya sebuah drive yang ada di komputer sendiri. Aplikasi ini akan membuat posting di Gmail dengan susunan tertentu yang disertai file lampiran (attachment) yang bisa diparsing dan dimanipulasi sebagai folder atau file.

Login
Login Gmail Drive

Explorer
GMail Drive pada Windows Explorer

Selamat mencoba

13 komentar:

  1. Assalamualaikum cak..
    Teknik Cak Edy very smart bagi saya yang modal warnet..

    Saya coba download eh pake password, baca2 sikit tapi gak mudeng, katanya sih ada firewall nya yang harus diseting atau malah zone timenya ditutup..

    kira2 ada gak mirror yang gak pake password..

    Trims..

    BalasHapus
  2. Maksudnya gimana cak ? Gak bisa akses ke Google ?

    BalasHapus
  3. wah, menarik dan layak dicoba! tapi melihat bandwidth tempat saya mungkin aksesnya agak lama. btw, itu bisa drag&drop kaya co-pas yah kang? thx.

    BalasHapus
  4. #3. Pendek kata saja, bisa cak !.

    BalasHapus
  5. pengen banget nyoba nya mas....tapi saya gak punya account di Gmail.
    gimn caranya buat account di Gmail mas??kalo yg saya baca..ktnya harus di invite dlu yah baru bisa buat account di Gmail...??kalo bisa tolong invite saya dong mas... :))
    ohya..replay nya kalo bisa ke e-mail saya aja ya mas..

    maturnuwun banget mas..saya tunggu reply nya..

    BalasHapus
  6. #5. Sudah saya invite ...

    BalasHapus
  7. bagaimana cara membuat e mail di google

    BalasHapus
  8. #7 Sudah saya invite

    BalasHapus
  9. assalammualaikum

    wah numpang download juga dah :) siapa tau bisa buat nyimpen file-file penting. suwun cak!

    wassalam

    BalasHapus
  10. cak edy saya sudah install gmail drive tapi gak bisa dibuka, selalu error terus kira2 apanya yang salah ya?
    thanks berat....

    BalasHapus
  11. saya sudah intal drivenya..email d gmail juga udah ada...tapi begitu drivenya di buka dan d masukan alamat email saya..juga paswordnya...malah error. apa salahnya ya...minta tolong

    BalasHapus
  12. bozz,,

    intrnet d tmptku kn pke proxy,,

    truz gmna ksih proxynya??

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)