Sabtu, 26 Agustus 2006

Lupa Password Root Linux & Migrasi Data MySQL

Lupa Password Root Linux

Tadi menginstal Linux Mandrake untuk keperluan presentasi. Tapi alamak, ternyata password root yang baru dimasukkan tidak sesuai dengan yang ada di angan-angan. Akhirnya tentu tidak bisa masuk sebagai root. Sebenarnya saya sudah pernah mengalami hal serupa beberapa tahun yang lalu, bahkan saya pernah mengajari beberapa rekan yang lain untuk mengatasi masalah lupa password root, tapi saat ini saya benar-benar lupa. Cari di internet cuman disuruh ngetik linux single, tapi di mana ngetiknya ?

Setelah mencoba kesana kemari ternyata caranya begini.
1. Reboot komputer.
2. Sebelum masuk LILO tekan ESC berkali-kali. Nanti akan muncul tampilan LILO yang textmode.
3. Ketikkan "linux single" atau "linux 1" (tanpa kutip) dan tunggu prosesnya sampai muncul promp.
4. Nah, sekarang anda bisa memerintah komputer sesuka hati. Namun langkah pertama gantilah password rootnya dengan perintah "passwd".

Migrasi Data MYSQL dari Window ke Linux

Saya termasuk orang yang lebih suka memindah data MySQL via file (yang bisanya ada di /mysql/data/) daripada menggunakan bentuk SQL nya, karena lebih cepat dan dan lebih ringkas, apalagi kalau datanya cukup besar. Saya biasanya akan mengambil file dalam sebuah folder yang isinya *.frm, *.MYI, *.MYD ini setelah mysql saya matikan, karena kalau tidak dimatikan terkadang file yang kita copy menghasilkan file yang corupt.

Namun kemarin saya mengalami masalah karena file data MySQL yang saya copy dari WinXP itu tidak bisa dibaca di MySQL Linux, padahal chmod, chown, dan chgrp sudah saya samakan dengan data yang sudah ada. Setelah saya cari-cari ternyata masalahnya ada pada case sensitif.

Pada MySQL di Linux, sebuah tabel diwakili oleh tiga buah file dengan extension .frm .MYI dan .MYD (case sensitif), namun di Windows tenyata tulisan .MYI dan .MYD terkadang ditulis besar dan terkadang ditulis kecil. dan inilah yang menjadi masalah. Pemecahannya, silahkan ubah .MYI dan .MYD menjadi huruf besar dengan

rename .myi .MYI *.myi
rename .myd .MYD *.myd


Mudah-mudahan membantu, mencari pemecahan hal-hal yang sepele seperti ini terkadang memakan waktu.

1 komentar:

  1. Nice... Mandriva linux yah....
    Visit yah>>> :D http://east-borneo.co.cc

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)