Sabtu, 11 Maret 2006

Berkomputer dengan Linux Puppy

Saat adik saya main kerumah, dan menjalankan linux puppy live CD di komputer, membuat saya begitu iri. Apalagi kalau mengingat distro yang selama ini saya pakai (Mandrake + KDE) , berjalan cukup lambat di komputer AMD K-6 dengan memori yang hanya 32MB + 96MB itu. Dengan bantuannya, akhirnya saya melakukan re-partisi komputer saya, memperbesar partisi data(drive D) dan mengecilkan partisi Linux (ext2) dari 4,5 MB menjadi 2,5 MB.

Linux puppy adalah linux yang mini secara ukuran (isonya hanya 60 MB) tetapi mempunyai GUI (JWM) yang berjalan ringan dan secara penampilan tidak kalah dengan KDE atau GNOME. Sedangkan untuk instalasi hanya diperlukan minimal 250 MB saja.


Proses instlalasi begitu sederhana. Yaitu dengan memasukkan Puppy Live CD dan menjalankannya. Nanti, akan kita temui menu Install Puppy hard drive. Tinggal klik dan mengikuti sekitar 4 langkah saja, dan hanya menunggu sekitar lima menit, linux telah berhasil di install.


install puppy


Puppy memang termasuk distro yang memikat, karena tampilannya sangat menawan, cara penggunaannya semudah windows, serta berjalan dengan sangat ringan. Mungkin hanya win 98 yang bisa mengalahkan kecepatan Puppy, baik ketika startup maupun ketika menjalankan GUI. Puppy juga bisa berjalan pada berbagai jenis komputer dengan berbagai spesifikasi. Selain telah saya coba di AMD K-6, juga telah dicoba di Pentium I 200MHz dengan sukses.


Sebenarnya desktop JWM sudah sangat mirip dengan tampilan XP, tapi karena saya lebih nyaman dengan IceWM maka saya menginstall IceWM dengan XP-Theme.


Desktop puppy


Dengan ukuran sekecil itu, memang hanya software kecil-kecil saja yang disertakan. Jika anda ingin software lain dengan ukuran yang lebih besar silahkan mengunjungi ke situs puppy untuk mencari software-software lain. Biasanya akan didapatkan paket dengan extension pub. Cara instalasi paket sangatlah mudah. Hanya dengan double klik saja, semuanya akan berjalan dengan lancar. Cara melakukan mount juga tergolong mudah. Penyimpan data yang terhubung komputer bisa dikenali, dan kita langsung klik tombol mount / unmount saja.


Mount drive


Secara default telah tersedia Abiword untuk text editor, xine untuk memutar film, mozilla untuk browsing, dan lainnya. Dengan mengunjungi situs aslinya lantas saya menambahkan IceWM dengan theme XP, GIMP, dan XMMS. Saya juga mencoba menginstall XAMPP yang saya dapatkan dari situs XAMPP untuk mebangun aplikasi berbasis web. dan semuanya berjalan dengan sangat lancar.


Menjalankan XAMPP


Hanya yang lain dari distro linux lainnya, Puppy hanya menggunakan singgle user, root. Penggunaan singgle user root membuat fungsi chmod (permission) tidak berfungsi lagi. Namun saya kira tidak terlalu masalah bagi saya karena komputer saya benar-benar desktop yang tidak terhubung ke internet.


Melihat kemudahan yang diberikan Puppy, kelihatannya sangat tidak berlebihan jika jenis linux ini dijadikan jembatan untuk melakukan migrasi, karena menggunakan linux ini, anda akan terasa seperti menggunakan Windows saja.


Bacaan lain : Puppy Linux, Linuxpun Secentil Windows

16 komentar:

  1. Sudah coba Vector Soho? Enteng juga lho....

    BalasHapus
  2. klo saya, tetep ubuntu dengan gnome dong....:)

    BalasHapus
  3. #1 #2 Vector dah nyobain, demikian juga ubuntu. Kl menurut saya yg thebest mandriva dg windows font pakai KDE.

    Di kantor saya pakai mandriva 2005 karena P IV dg memory 250 MB, tapi di rumah pakai Puppy karena keterbatasan SDK (Sumber daya Komputer).

    Tapi kesukaan orang memang beda2

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum Wr Wb.
    Mas Edy, mohon ijin saya memberi link di weblog saya ke weblog sampeyan..

    Terima kasih
    Wassalamualikum Wr Wb

    BalasHapus
  5. Wow, boleh juga nih buat penghubung windows user ke linux!

    tapi ubuntu saja aku nggak nyobain je :D

    BalasHapus
  6. kayaknya Ubuntu masih jadi pilihan utama mas...
    http://distrowatch.com/index.php?dataspan=4

    BalasHapus
  7. saya lagi nyoba download puppy tapi klo mo maen linux yang mudah she saya rasa mandriva udah paling bagus karena tool grafik nya udah mendukung banget buat apa apa Hee hee neh cuma pendapat saya aja mungkin kesukaan orang beda2

    BalasHapus
  8. Kalo bisa, sharing ke gw dong situs buat ngedownload linux puppy nya. Sekalian ama software2 pelengkapnya ke email gw ([email protected]) ya..... Sebelumnya thanx ya bro.....

    BalasHapus
  9. #8 Coba kunjungi situs2 berikut
    - http://www.puppyos.com
    - ftp://ibiblio.org/pub/linux/distributions/puppylinux/
    - http://puppyfiles.org/dotpupsde/dotpups/

    BalasHapus
  10. saya telah ada Cd master puppy linux sebelum nya, tetapi pada option menu tidak ada option untuk install ke hard drive. Kalo boleh tau itu puppy linux versi berapa?. Mohon dengan sangat. Thanks best regards gunawan

    BalasHapus
  11. Mungkin namanya berbeda mas.

    Instalasi versi 1 dan versi 2 sama, dan agak sulit. Saya minta berhati-hati untuk menginstall versi ini. Setelah hardisk saya terformat ketika install versi 2, saya belum mencobanya lagi.

    Untuk yang saya tulis diatas kelihatannya versi 1.5. yang sukses saya install di komputer saya.

    Saat ini saya tidak mengoprek Puppy lagi, kecuali saya run dari CD untuk keperluan2 darurat saja. Saat ini saya lebih suka menggunakan distro zencafe/zenwalk.

    BalasHapus
  12. terima kasih atas sarannya, saya akan coba sekarang

    BalasHapus
  13. kayaknya menarik untuk mencoba pupy nih

    BalasHapus
  14. miftakhul huda7 Jan 2008, 23.36.00

    mas tolong beritahu cara mengubah theme-nya puppy linux. tentunya yang jwm jadi icewm. sukron

    BalasHapus
  15. puppy emang bagus tapi untuk gcc nya kagak ada.. gimana yaa caranya install...........

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)