Rabu, 22 Maret 2023

Ilmu yang Bermanfaat.

Semua orang mengakui bahwa menuntut ilmu itu penting. Bahkan dalam agama seorang alim atau berilmu mempunyai derajat yang lebih tinggi daripada seorang ahli ibadah.


Namun apabila kita berhenti sampai di situ maka ilmu tidak akan sampai pada tujuannya. Karena tujuan ilmu adalah agar kita mengetahui hakikat kehidupan, dan agar kita bisa beramal dengan baik.

Oleh sebab itu dalam ajaran agama, salah satu amal yang pahalanya masih terus mengalir bagi orang yang sudah meninggal adalah ilmu yang bermanfaat.

Kata manfaat inilah yang harus kita garis bawahi.

Banyak orang senang mengaji, hadir dengan rajin dalam majelis ilmu. Hal baik dan berpahala. Namun kalau kita berbicara pada manfaat. Apa bisa disebut ilmu yang bermanfaat?

Mengaji ilmu yang hanya diperoleh dari mendengar di kelas maka levelnya masih menjadi pengetahuan. Namun ilmu yang disertai dengan amalan maka ilmunya sudah pada level paham.

Maka majelis ilmu harus mempunyai ladang beramal, sebagaimana seorang petani harus mempunyai sawah, bagaimana seorang peternak harus mempunyai kambing atau sapi.

Oleh sebab itu forum pengajian harus mempunyai yayasan organisasi atau lainnya yang digunakan untuk mengimplementasikan ilmu agar ilmunya menjadi ilmu yang bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)