Sabtu, 17 April 2021

Ramadhan Puncak Latihan

Ramadhan sering disebut bulan latihan, namun sebenarnya bukan hanya latihan tapi puncak latihan.


2 bulan sebelum ramadhan tepatnya di bulan Rajab, nabi berdoa, ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab, berkahi kami di bulan sya'ban, dan sampaikan kami di bulan Ramadan.

Artinya, nabi sudah menyiapkan latihan ini pada bulan Rajab, hingga Ramadhan sesungguhnya adalah puncak dari latihan. Ibarat olahraga, 2 bulan sebelum Ramadan adalah pemanasan.

Kebiasaan tidak bisa dibangun instan, tapi dia membutuhkan proses. Orang membaca Alquran 1 juz misalnya, harus menempuh proses membaca 1 halaman dulu, tidak ujug-ujug langsung 1 juz.

Sebuah target ibadah yang tidak melalui sebuah proses, mengandung resiko gagal. Bahkan bisa jadi seseorang merasa terpaksa tidak nyaman bahkan benci dengan ibadah yang dia lakukan.

Menurut seorang profesor dari Stanford university, pada dasarnya manusia mempunyai kelembaman. Maka untuk mengatasi kelembaman itu, maka dibuatlah sebuah aktivitas yang seakan-akan lembam, yaitu aktivitas yang sangat sedikit.

Mungkin target di bulan Rajab minggu pertama, sehari membaca Alquran satu halaman saja, Minggu kedua 1 lembar dan seterusnya. Maka di bulan romadhon ketika targetnya menjadi 1 juz per hari seseorang menjadi terbiasa dan bahkan menikmati aktivitas yang dia lakukan.

Demikian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)