Kamis, 15 April 2021

Nyaman

Seorang kawan bertanya, mengapa ada sebuah organisasi yang menurutnya kurang baik tetapi mendapat anggota yang sangat banyak. Sementara komunitasnya yang menurut dia baik tidak terlalu mendapat sambutan.


Sebenarnya jawabannya sederhana saja, karena orang selalu akan mendekat ke tempat yang dia merasa nyaman. Kalau kita mampu membangun sebuah komunitas yang di situ orang merasa nyaman maka kamu akan mendapat anggota komunitas yang banyak.

Masalahnya di tempatmu orang merasa nyaman atau tidak? Mungkin kamu merasa bahwa program-program yang kamu bangun bagus, namun orang lain merasa tertekan atau tidak nyaman.

Anggapan yang menyatakan bahwa kebaikan itu sulit dan tidak nyaman menurut saya perlu dikoreksi. Itu hanya karena kamu tidak kreatif saja. Ngopi mu kurang kental, mainmu kurang jauh.

Bahkan menurutku, orang lebih layak merasa nyaman dalam ekosistem yang baik.

Atau, sebenarnya kamulah yang menyebabkan orang lari dari kebaikan, karena "kebaikan-kebaikan" yang kamu buat itu terasa menyebalkan bagi orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)