Senin, 15 Februari 2021

Jaga Semangat

Secanggih apapun mobil, maka dia tidak akan bisa digunakan apabila energinya habis. Demikian pula ketika kita punya smartphone, ketika baterai habis maka alat itu tidak akan bisa menjalankan fungsinya.


Manusia juga demikian. Sebaik apapun memahami agama, sebanyak apapun ilmu yang dia punyai, namun apabila dia kehilangan motivasi, maka akan seperti smartphone tanpa baterai. 

Pada zaman nabi pernah ada sahabat mengadukan persoalan ini kepadanya. Saya munafik ya Rasulullah, apabila aku dekat denganmu, menghadiri majelismu, jiwaku menjadi bersemangat, namun apabila kembali ke rumah, semangat itu menjadi luntur. Sa'atan wa sa'atan, sesaat dan sesaat ya sahabat. 

Itu hal biasa dan manusiawi. Motivasi itu bisa habis, dan apabila motivasi itu menipis, segera charge kembali. Bagaimana caranya?

Hadiri forum-forum yang menambah semangatmu, ghirahmu, energimu.

Bergaullah dengan orang yang sukses, setidaknya mereka optimis dan tidak suka mengeluh dan menyalahkan orang lain.

Dalam.buku Setrum Warsito, seorang bapak yang anaknya tidal sepandai Warsito selalu mengatakan: bergaullah dengan Warsito biar ketularan pintar.

Baca buku biografi orang-orang besar, biar setrumnya mengalir ke dalam dirimu.

Lihat Film yang berisi kepahlawanan, kehidupan, perjuangan, yang akan memotivasi dirimu.

Dan, di era medsos ini, lihat Youtube yang memotivasi, serta follow akun medsos orang-orang yang mampumenciptakan ghirah, dan unfollow orang-orang yang hanya mengotori jiwamu.

Ingat bro, baik dan pintar saja tidak cukup, tapi kita butuh orang baik yang bergerak dan orang pintar yang bergerak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)