Rabu, 25 November 2020

Get, Give dan Kelembaman

Akhir tahun, banyak tagihan pekerjaan.  Beberapa pekerjaan tidak bisa terselesaikan dengan baik dalam waktu yang kita janjikan.

Dalam ilmu Fisika, dalam hukum Newton dikatakan bahwa setiap benda akan mempertahankan keadaan diam atau bergerak lurus beraturan, kecuali ada gaya yang bekerja untuk mengubahnya.

Yes itu benar sekali. Dan semikian juga dengan kondisi kita. Apabila kita mengerjakan sesuatu (give) maka akan berlaku hukum kelembaman.  Berat, sampai ada daya motivasi yang kuat. Misalnya kita sedang membuat aplikasi penggajian, di tengah kita harus mengolah data. Untuk kembali kepada aplikasi penggajian lagi terasa berat. Lembam.

Namun berbeda dengan ketika kita mendapatkan sesuatu, maka perubahan dari satu state ke state lain malah membantu. Misal kita belajar Fisika, begitu kelelahan kita pindah ke pelajaran Sejarah. Maka pikiran kita menjadi fresh kembali. Karena membaca itu kita hanya mengambil pelajaran. Beda dengan jika kita membuat buku, akan berlaku hukum kelembaman karena kita harus "mengerjakan".  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)