Rabu, 15 Mei 2019

Jalan Lain

Beberapa hari lalu saya membaca sebuah tulisan yang di share yunior saya, tapi lebih pintar dari saya, Mas Ade Priambodo. Tulisan Pak Onno W Purbo, tokoh internet yang terkenal itu. Judulnya "Alternatif Jalur Menuju Pakar".

Beliau berkisah tentang dirinya yang di juluki pakar internet, bahkan professor internet, walaupun beliau tidak secara format belajar tentang internet. Beliau belajar S2 tentang Optika dan S3 tentang teknologi pembuatan IC.

Lalu, bagaimana kepakarannya tentang internet terbentuk? Adalah dengan berinteraksi dengan banyak orang yang mempunyai kepakaran tertentu dan melalui berbagai media online.

Saya juga pernah mengenal Pak Muhammad Aziz, Presdir Terafulk. Perusahaan besar yang bergerak dalam bidang desain kapal. 

Pendidikan formalnya di Fakultas Ushuluddin Universitas Muslim Indonesia, namun dia menjadi direktur diperusahaan desain kapal.  Bagaimana transformasi dari perbandingan agama ke perkapalan bisa terjadi? Saya yakin lingkunganlah yang mendidiknya.

Saat ini perkembangan informasi memang sudah luar biasa. Buku, paper, yang dulu tidak mudah kita dapatkan sekarang tinggal mengetikkan apa yang kita mau di Google, dan kita akan mendapatkan semuanya.

Entah legal entah tidak, buku-buku matematika terbitan Scoum, Modern Control Engineering karangan Ogata ada semua. Belum lagi buku-buku IT, psikologi, agama, manajemen, dan sebagainya amatlah banyak.

Saya sendiri adalah lulusan Teknik Fisika, namun saat ini tidak banyak bersentuhan dengan bidang Fisika secara langsung. Sekarang saya lebih banyak bekerja pada bidang pemrograman komputer walaupun saya tidak pernah belajar komputer  secara formal. 

Saya juga terjun dalam dunia dakwah padahal saya tridak pernah di pesantren dan hanya belajar dari ustadz, dari lingkungan, dan buku.

Saya juga diminta membantu sebagai pengurus sebuah parpol, walaupun saya tidak pernah belajar sosial dan kuliah di Fisipol. Saya hanya belajar dengan berinteraksi dengan para senior saja.

Bagi kita yang mempunyai minat dalam bidang tertentu, namun karena sesuatu hal kita tidak mendapat kesempatan belajar secara formal, jangan sedih, jangan berkecil hati. Dunia ini luas, apalagi di era informasi ini. Dunia internet telah membuka jalan dan kesempatan untuk menjadi pakar dan ahli dalam bidang yang kita minati.

Ayo kita tempuh jalan lain itu ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)