Senin, 19 September 2016

Mengapa Orang Sering Gagal Melakukan Setup Habit?

Setiap orang pasti mempunyai keinginan untuk membiasakan diri melakukan hal baik, demikian juga untuk anak-anakmu juga murid-muridmu. Namun sangat sedikit yang benar-benar berhasil dalam melakukannya.

Kebiasaan baik yang ingin kamu setup itu antara lain:

#1. Membaca Al Quran setiap hari
#2. Berolahraga setiap hari
#3. Belajar setiap hari
#4. Membaca Buku setiap hari

Namun sayangnya kamu sering keliru dalam melakukan implementasinya. Karena kamu jarang membuka diri untuk belajar, kadang juga karena merasa wis pinter.

Kuat Pirang nDino?

Kebanyakan kamu akan melakukan setup habit seperti ini :

#1. Kamu menyuruh melakukan sebanyak-banyaknya. Punya murid yang baca Qurannya masih kadang baca kadang nggak disuruh baca sejuz sehari. Tinggal ditunggu, Kuat pirang ndino kang?

#2. Kamu ingin menanamkan beberapa kebiasaan dalam satu waktu sekaligus. Tiba-tiba kamu menasehati anakmu agar setiap hari belajar, membaca quran, membaca doa pagi petang, sholat Dhuha. Lalu kamu berharap setelah kamu membuat daftar hal yang harus dikerjakan tiap hari, maka anakmu akan dengan mudah terbiasa melakukannya. Kok penak men hehe... 

#3. Setengah melakukan intimidasi psikologis. Kamu melakukan evaluasi secara terus menerus, Hari ini sudah menmyelesaikan target satu juz belum? Karena yang dievaluasi sudah nggak tahan kupingnya, lalu berbohong, sudah tadz. Nah Loh :)   

Setup Habit Cara Nabi 

”Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit.”  Al Hadits.

Oh, ternyata berbasis pada kebiasaan (habit) loh. Bahkan karena kontinyu itu sulit kalau sesuatu itu terasa berat, maka  di akhir kalimat ada embel-embel walaupun itu sedikit.  

Setup Habit Ala Dr BJ Fogg dengan Langkah Kecil

Dr. BJ Fogg seorang psikolog Stanford memberi saran untuk melakukan perubahan perilaku (habit) dengan langkah kecil. Bukan dengan meningkatkan motivasi, karena motovasi itu bisa tergerus, namun lebih pada menjaga kontinuitas amal (activity).

Study Kasus

#1 Membaca Quran Setiap Hari

Kamu ingin terbiasa membaca Al Quran setiap hari. maka langkah yang harus kamu lakukan tentukan waktu yang paling mudah bagimu untuk membaca Al Quran (misalnya habis subuh), dan bacalah pada batas yang kamu anggap paling ringan, misalnya setengah halaman. Its Okey kalau kamu hanya merasa nyaman dengan satu ayat. Lakukan itu sampai membentuk kebiasaan, dan kamu akan menyaksikan sendiri keajaiban yang terjadi.

#2. Membiasakana anak belajar
Dulu saya selalu menasehati anak untuk belajar setiap habis Magrib, namun ya selalu berakhir seperti pengalamanmu juga, hingga akhirnya saya menggunakan teknik langkah kecil ini. Sehabis mangrib, mengerjakan satu soal saja. Boleh main asal ngerjain satu soal dulu. Karena satu soal dianggap sedikit dan tidak membebani, maka mulailah dia melakukannya setiap hari.

Sekarang bukan saya yang menyuruh belajar, tapi dia yang mengajak saya belajar bersama. Dan sekarang sudah tidak satu soal lagi, namun tiga soal. Nah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)