Sabtu, 16 Agustus 2014

Desain Baru

Entah berapa kali situs ini mengalami perubahan desain. Tak lain dan tak bukan karena saya termasuk orang yang mengikuti arus jaman.

Dulu pernah ada masa dimana sebuah situs dianggap keren jika seperti portal. Informasi yang sebenarnya hanya beberapa buah saja di tampilkan berdasarkan tanggal, jumlah klik, jumlah komentar, dan sebagainya sehingga seakan-akan banyak.

Lalu muncul desain yang mirip majalah. Putih, tanpa banyak ornamen. Paling sidebar kanan dan bawah. Mirip kayak punya The Washinton Post.

Kalau sekarang ini jamannya desain minimalis. Yang penting minimal, hanya perlu Judul Situs dan isi. Fokus. Konten yang lain dibuang semua.

Saya melakukan perubahan template setelah ngobrol sama kawan-kawan Telo, Trenggalek e Developer. Obrolan tentang sebuah situs yang secure. AKhirnya diputuskan bahwa situs yang secure adalah situs statis. Siapa yang mau bantah ? hehe. Akhirnya kitapun mencoba menggunakan jekyll-now. Jadilah situs ini. Belum sempat ngoprek, malah saya tertarik melakukan porting templatenya untuk blog saya ini. AKhirnya terjadilah...

Betul-Betul Minimalis

Kadang kamu mengatakan, eh, situsku benar-benar minimalis. Ternyata nggak. Desain cuma ada judul dan konten saja kalau di klik lamanya minta ampun.

Desannya minimalis, namun lihat kodenya ? View Source nya. Isinya sampah. Link ke google font, padahal gak butuh font google, berbagai java script, padahal kamu cuma perlu untuk halaman muka aja, tapi di load di semua halaman.

Wordpress memang menyediakan kemudahan. Tinggal klak klik plugin semuanya beres, padahal membuat situsmu berat. Plugin load berbagai sources external. FB, Twitter, Google, javascript slider. Akhirnya satu halaman bisa setara dua disket.

Tapi kalau punya saya ini memang sungguh keterlaluan. Sampe keyword dan semacamnya tidak atau belum disetting. Terserah google mau search atau nggak, emang gw pikirin. Yang butuh saya apa Google, hehe sombong banget.

Ok, segitu dulu obrolan soal theme baru ini.
Selamat tidur hehe...

6 komentar:

  1. Ati2 pak kyai, orang sombong disayang iblis...hehehe.
    Fitur komen ini masuk kategori maximalis, buang wae...

    BalasHapus
  2. Kalau gak saya pasang kan artinya gw memfollow blog ente. emoh ah :D

    BalasHapus
  3. mantab ustad .. kalo pakai jeckyll , bloging terasa hacking , http://tom.preston-werner.com/2008/11/17/blogging-like-a-hacker.html

    BalasHapus
  4. Kalau yang ini pakai Wordpress dengan alasan kemudahan, cuma templatenya saya ganti punya jeckyll now. Karena saya sering mobile dan sering update situs pakai smartphone hehe..

    BalasHapus
  5. Ane tanya brow, gimana cara buat update subscriber jetpact di page ? Kasih tahu dong, daripada ngulik skrip hehe...

    BalasHapus
  6. manteb juragan... !!! sampean pancen jozzz.... !!! hehehhehe...

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)