Minggu, 17 Agustus 2014

Apa Blog Service yang Asik ?

Best Blog Service ?Pertama saya ucapkan salam kemerdeka yang ke 69 Republik Indonesia.

Kedua, tadi pagi seperti biasa saya mempunyai keinginan kuat untuk ngeblog. Gw ketik URL achedy.penamedia.com, dan situs tidak bisa diakses. Down sekitar 3 jam. Waduh, susah juga menunggu 3 jam sembari menjaga napsu ngeblog tidak turun.

Memang dari pemantauan plugin JetPack yang laporannya saya arahkan ke email saya, akhir-akhir ini laporan situs down memang agak sering, namun biasanya cuma sebentar, gak selama ini. Ya saya mengerti, karena baik-baik (bukan jelek-jelek) begini pernah menjadi kawan Cak Aris yang mengelola server Enciety dot Net di Intiland waktu itu.

Saya memang selalu gak akan bisa meninggalkan web hosting. Saya mempunyai aplikasi yang perlu saya onlinekan atau saya demokan yang membutuhkan apa yang dinamakan web hosting.

Namun kalau hanya untuk ngeblog sebenarnya mungkin pilihannya gak harus web hosting. Bahkan saat ini banyak situs berita dengan kunjungan besar tidak mengelola situsnya di web hosting, tapi di blogspot. Ya kalau hanya butuh publikasi konten, kan ada banyak alternatif. Sebaik-baik web hosting apa ada yang teknologinya didukung infrastruktur dan geek teknologi macam Google ? Khusus di Indonesia saya belum menemukan. Maka keberadaannya tetap saya syukuri, karena bisa membantu pekerjaan saya dengan biaya murah dan cara komunikasi yang mudah hehe...

Sebenarnya gw berkeinginan memindah blog di tempat yang saya hanya berfikir untuk menulis saja.

Hosting sendiri memikirkan banyak hal. Optimasi, security, update engine dan lain-lain. Bahkan seperti hari ini, situs lain dalam server yang sama mendapat serangan DDoS, ya situs yang seserver semuanya tewas, namanya juga shared hosting. Ibarat orang jualan sebidang tanah terus dikapling-kapling.

Ada dua tempat ngeblog yang jadi sasaran saya. Pertama wordpress dot com, kedua Blogspot . Keduanya didukung oleh raksasa teknologi. Soal uptime dan security tidak pelu diragukan. Intinya kita tinggal ngeblog.

Saya menginginkan blog service yang secure, stabil, dan saya bisa melakukan customisasi template, dan juga yang tak kalah penting, gratis. Customisasi template adalah harga mati.

Wordpress.com saat ini jelas bukan impian saya, karena selain yang versi gratisnya tidak bisa customisasi template, iklan yang muncul di artikel, saya artiken sangat mengganggu.

Pilihan saya akhirnya jatuh ke blogspot dengan pertimbangan template yang bisa diotak-utik dengan lebih fleksibel, disamping security, kestabilan dan kecepatan yang tak usah diragukan. Intinya kita tinggal develop blog dan tulis. Kawan saya Imam Isnaini nampaknya juga sudah manteb menggunakan blogspot.

Tapi kapan kira-kira akan menggunakan blogspot ? Entahlah, saya belum akrab dengan sintak untuk membuat disain di blogspot. Ya pelan-pelan saja, sambil belajar sintak blogspot dulu. Dua ebook sudah saya download tinggal dibaca-baca saat senggang.

Apa n kowe orang punya alternatif lain ? hehe...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)