Kamis, 20 Maret 2014

Ngeblog Tiap Hari, Jangan Paksakan Diri

Beberapa waktu setelah saya membuat resolusi satu posting satu hari, saya membaca tulisan tentang kesalahan blogger, pada blog yang linknya di share di twitter, namun saya lupa linknya. Salah satu yang saya ingat, jangan memaksakan diri posting tiap hari. Alasannya, kadang kita tidak sedang mempunyai ide yang benar-benar harus di posting, sehingga posting kita: Garing.

Posting adalah output dari proses belajar. Belajar bisa dari membaca, nonton TV, maupun dari pengalaman yang kita dapatkan, baik yang lalu maupun sekarang. Dan yang tak kalah penting diselaraskan dengan moment yang ada sekarang. Ada pengalaman masa lalu, namun kadang tidak pas untuk di publish saat ini.

Alhamdulillah, sudah dua bulan setengah, saya melakukan posting tiap hari. Dan hari ini saya melakukan evaluasi. Hasilnya adalah saya tak akan memaksakan diri untuk posting tiap hari. Kadang saya dalam posisi di perjalanan, atau pada situasi yang tidak mendukung membuat posting, sehingga saya harus lebih bersikap realistis. Kadang saya tidak ada ide yang layak ditulis. Membaca buku tak bisa selesai tiap hari kan ? 

Apa latihan posting saya tiap hari kemarin tidak berguna ? Berguna. Saya menjadi terbiasa menulis apapun, jadilah  ngeblog menjadi habit saya.

Efeknya, bukan berarti setelah ini saya langsung tidak ngeblog selama seminggu. Mungkin akan terasa masih ngeblog tiap hari, namun seandainya ada hari dimana saya tidak ngeblog, mohon dimaklumi. Mungkin saya dalam situasi yang tidak mendukung, atau saya sedang tidak ada ide :)

Salam ....

#blogging

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)