Senin, 10 Maret 2014

Ekosistem

Selepas S1, saya sudah tidak ada minat lagi untuk melanjutkan kuliah. Saya merasa, tak banyak pelajaran yang saya dapatkan selama kuliah. Apa yang saya tekuni, adalah pelajaran yang saya dapatkan diluar kelas.

Saya melihat, manfaat yang didapat dari anak-anak yang kuliah justru ekosistemnya, bukan kontennya. Kalau soal konten saya rasa tak jauh berbeda antara PT tak terkenal dengan PT favorit. Ekosistem itulah yang membedakan. Ekosistem pada PT favorit menempa mahasiswa menjadi lebih siap terjun dalam kehidupan. 

Kualifikasi para mahasiswa dalam PT terkenal lebih baik, sehingga interaksi dengan mereka membuat kita mempunyai pola pikir yang baik, juga jaringan yang lebih baik.

Jadi, orang yang kuliah di Luar Negri, PT yang bagus, atau kuliah di kota besar, rata-rata mempunyai kemampuan diatas rata-rata, bukan karena ilmu yang dipelajarinya, namun karena ekosistemnya. Jadi dalam memlilih tempat belajar dan bekerja, pilihlah yang ekosistemnya mendukung kemajuan anda...

#insight

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)