Minggu, 16 Oktober 2011

Tips Pencarian di Google

Meskipun ada mesin pencari lain, Yahoo dan Bing, namun magnet Google masih sangat kuat; meskipun apakah hasil pencarian Google lebih tepat daripada Bing saya juga tak tahu :)

Namun mencari sesuatu di mesin pencari lebih rumit. Tak lain karena orang-orang yang "mengerti" Search Engine Optimization (SEO), membuat berbagai autoblog, dengan engine yang kontennya comot sana sini. Hasilnya bukan informasi yang didapat, namun hanya rangkaian kata-kata tak jelas atau dilarikan ke situs lain atau sejenis. Industri SEO banyak melahirkan seoers hitam yang membuat cara kerja mesin pencari menjadi tidak karu-karuan.

Google sebenarnya sudah menyadari soal ini, dan pernah ada pernyataan bahwa dia akan memperbaiki algoritma pencariannya, namun saya belum bisa merasakan hasilnya.

Akhirnya saya menggunakan cara saya sendiri untuk mencari artikel yang saya butuhkan. Mencarinya lewat mode gambar. Saya menebak sebuah artikel dari gambarnya. Mungkin tak tepat dan memungkinkan banyak artikel tanpa gambar yang terlewat, namun paling tidak saya bisa melompati banyak situs abal-abal yang sering nangkring di halaman pertama Google.

6 komentar:

  1. Kalau pakai google chrome, install extension webspam report dan personal blocklist. Saat ada hasil pencarian google yang isinya ga jelas, kumpulan link dan iklan, laporkan ke google dengan webspam report lalu masukkan ke personal block list. Situs yang ada di personal blocklist otomatis tidak akan muncul lagi di hasil pencarian google yang kita dapat.

    BalasHapus
  2. Terimakasih kang, informasi yg menarik. Kemarin sempat cari-cari report spam ke google ternyata di chrome ada extensionnya tokh. Segera install.

    BalasHapus
  3. kan ada google hack ? di jamin kalau mau memanfaatkan google hack sangat mudah kita mendapatkan info yang kita inginkan

    BalasHapus
  4. Baru krunungu iki cak. Thank's infonya ..

    BalasHapus
  5. Salam kenal dari Agro Buah
    Aku senang bisa komentar di sini, suatu kehormatan bagi kami jika di perkenankan membaca dan mendapatkan ilmu dari anda.
    terima kasih

    BalasHapus
  6. Salam kenal Pak Agro :)
    Dengan senang hati :)

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)