Selasa, 04 Oktober 2011

Reinstall Grub di Linux YLMF

Cukup lama saya tidak bisa membuka Linux YLMF saya karena kasus populer : menginstall Windows dan GRUB yang ada  di   MBR terhapus. Saya berniat menginstallnya kembali dengan melakukan booting melalui Lnux YLMF yang telah saya buat live USB.

Lama saya mencoba-coba berbagai tutorial di internet tapi tak ada satupun yang berhasil.  sudo grub ? user grub tak dikenali. Saya juga menggunakan banyak cara lain, hasilnya terkendala masalah permission dsb. Pendeknya, tutorial reinstall Grub yang bertebaran di internet tak bisa saya gunakan.

Saya mendapatkan satu tutorial di ubuntu forum yang benar-benar sukses saya terapkan hanya berbekal informasi bahwa lokasi file system saya ada di sda8. Berikut isi tutorial tersebut :

Lets first try to recreate grub.cfg by chroot into the install:


sudo mount /dev/sda8 /mnt
sudo mount --bind /proc /mnt/proc
sudo mount --bind /dev /mnt/dev
sudo mount --bind /sys /mnt/sys
sudo chroot /mnt
grub-mkconfig
update-grub
grub-install /dev/sda
exit
sudo umount /mnt/sys
sudo umount /mnt/dev
sudo umount /mnt/proc

Restart and see what happens.


Ini solusi bagi yang masih error :

Thanks for replying so quick.


Everything works until:
grub-mkconfig
This gives me a familiar error: grub-probe: error: cannot find device for /boot
So I tried one more step:
mount --bind /boot /mnt/boot
no luck here either.


Enjoy Linux :)

2 komentar:

  1. [...] ya !!! dan jangan lupa jaga kesehatan. Enjoy Linux Jika ada masalah silahkan comment Sumber disini Share this:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like this [...]

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)