Minggu, 21 Agustus 2011

Sudah Bayar Zakat Fitrah ?

Beberapa kali saya mendapatkan seseorang membayar Zakat Fitrah pada injury time, detik-detik terakhir. Persoalan ini yang terkadang merepotkan lembaga zakat, karena lembaga dituntut untuk mendistribusikannya sebelum sholat ied (biasanya sehari sebelum atau malam takbiran).

Kadang ini tak disengaja, karena saking kecilnya nominal Zakat Fitrah, akhirnya sering orang lalai. Kadang dalam perjalanan mudik terus teringat, kemudian ambil HP browsing dan menemukan beberapa nomor rekening Zakat, lalu ditransfer beberapa nilai ke nomor rekening itu via internet banking. Tak jarang, transfer tetap dikirim walaupun penerimaan zakat fitrah telah ditutup.

Ya, memang seutama membayar zakat fitrah adalah menjelang sholat ied, namun hendaknya jika anda membawar di injury time anda harus memastikan lembaga zakat sanggup mendistribusikannya, jika tidak anda seharusnya mendistribusikannya sendiri.

Kalau anda tak yakin, maka bayarlah ke lembaga zakat jauh hari sebelum hari raya, nanti distribusi ke penerima zakat biasanya dilakukan lembaga zakat menjelang hari raya.

Demikian.

Posted via email from achedy's posterous

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)