Rabu, 22 Juni 2011

Dari PHP ke Delphi

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, bahwa saya lagi belajar Delphi untuk mendampingi PHP :). Bahasa yang digunakan Delphi adalah Pascal, yang diajarkan di setiap jurusan saat saya kuliah dulu. Dulu, Pascal diajarkan di semester 1 tepat saat saya baru menyentuh barang yang namanya komputer. Tahun 1996.

Intinya, saya tak mengerti soal Pascal, dan harus puas dengan nilai C, serta trauma dengan pemrograman komputer. Suatu saat karena kebutuhan, akhirnya saya mulai lagi dengan belajar pemrograman. tepatnya pemrograman Web. pilihan saya jatuh pada ASP dan kemudian PHP. Ada bahasa diluar itu yang pernah saya gunakan, Mathlab, untuk tugas akhir.

Ada banyak perbedaan antara Delphi dan PHP. Plus minuslah. Desain form Delphi lebih mudah dilakukan, tinggal ambil, pasang dan atur properties lewat GUI. Ada pula komponen-komponen yang memudahkan kita melakukan pekerjaan. Sebuah isi database bisa ditampilkan di Form tanpa harus menuliskan 1 baris kodepun. Kita hanya memilih komponen dan mengaturnya saja. Tulisan kodenya digenerasi otomatis.

Namun jika kita ingin melakukan kustomisasi, disini sulitnya. Di PHP kita tak terlalu dituntut mendeklarasikan type variabel, fungsi, kelas, array, namun di Delphi ini adalah keharusan.

Seperti saat ini saya lagi mencari padanan is_integer(). Nampaknya harus membuat fungsi sendiri nih :(

2 komentar:

  1. "belajar Delphi untuk mendampingi PHP" maksudnya gimana kang?
    Kalo jquery mendampingi PHP sih mudeng aku

    BalasHapus
  2. @Gecko : Mmm Piye ya, aku malih rada bingung :D

    Ceritanya mungkin begini. Dulu sy pernah mengerjakan SIM KAMPUS, akhirnya saya kesulitan untuk ngeprint pake DotMatrik, Daily Backup, Export Import database kalau jumlahnya besar. Nah, kalau ada Delphi saya kira akans angat membantu :). Begitu kira2. Dia melakukan support bagian back end.

    Sy jg pernah membuat pengiriman SMS via Web. Bagian interface sy yg buat, dan bagian back end dibuat teman menggunakan Delphi. Begitu kang :)

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)