Senin, 20 Juni 2011

Belajar Delphi

delphi.png

Seminggu ini, saya belajar pemrograman yang tak biasa bagi saya : Desktop Programming. Setelah pilah pilih bahasa, akhirnya saya memilih Delphi 7. Pertimbangannya Delphi saya anggap ringan dan cocok bagi laptop saya yang hanya Celeron dan singgle processor. Juga ukuran instalernya yang tak begitu besar, didukung GUI yang tinggal klak klik. Mungkin alasannya akan beda dengan pertimbangan orang yang lama berkecimpung di dalam Desktop Programming.

Sekian lama belajar di web programming, saya merasa memang ada yang kurang jika tak menguasai desktop programming. Dalam banyak kasus, ada beberapa hal yang hanya efektif dilakukan dengan desktop programming.

Di awal belajar saya dibantu oleh buku Delphi yang saya beli. Meskipun tak dalam namun sebagai pengetahuan dasar bagi yang buta delphi seperti saya, cukuplah. Saya memulainya dengan belajar sedikit-sedikit tentang database.

Agak lama memang, karena tak ada mentornya, dan tak banyak ebook tentang Delphi sebagaimana Net, dan Java. Ada sumber belajar yang gampang ?

4 komentar:

  1. delphi ama vb enakan mana kang...

    BalasHapus
  2. [...] yang sudah saya singgung sebelumnya, bahwa saya lagi belajar Delphi untuk mendampingi PHP . Bahasa yang digunakan Delphi adalah Pascal, yang diajarkan di setiap [...]

    BalasHapus
  3. @adi. Saya kurang tahu kang, namanya juga baru belajar :). Saya sendiri memilih Delphi 7, bukan yang terbaru, biar ringan dan simpel. Yuk blajar2 bareng :D

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)