Selasa, 16 November 2010

Web Berat ? Tidak !

Saya mempunyai banyak teman yang mempunyai situs dengan konten bagus. Namun sayang, sering kali saya tidak nyaman dengan response time situs yang lambat. Saya yang hanya ingin melihat konten disuguhi berbagai informasi yang sama sekali tidak saya butuhkan bahkan hanya memperberat sebuah situs diakses.

Kecepatan Situs itu Nomor Satu

Elemen web eksternal seperti Shoutbox, Tweetmeme, Facebook Like, Disqus adalah salah satu sebab sebuah situs menjadi lebih lama ditampilkan.


Dalam membangun situs, maka kecepatan harus dinomorsatukan. Elemen apapun boleh ditaruh, namun tetap dengan pertimbangan kecepatan sebagai pertimbangan utama, baru setelah itu keindahan, dan berbagai pertimbangan lainnya.

Sebuah situs dianggap tidak cepat karena beberapa hal :

  1. Ukuran halaman dan elemen-elemennya, atau ada yang mengistilahkan bitesize . Yang paling sering adalah ukuran gambar atau flash yang tidak dioptimasi.

  2. Elemen yang memperberat kerja processor dan menyedot penggunaan memori komputer. Jika tidak dioptimasi, elemen seperti flash dan javascript terutama jquery membuat kerja komputer menjadi sangat lambat.

  3. Elemen halaman dari situs lain yang diintegrasikan ke halaman situs kita baik dengan javascript maupun iframe. Mungkin situs kita sudah berjalan cepat, namun ketika elemen dari situs lain lambat, maka efeknya web kita juga akan menjadi lambat. Oleh sebab itu hati-hatilah menggunakan berbagai badge yang diambil dari situs lain, pertimbangkan apakah benar-benar dibutuhkan atau hanya untuk memenuhi unsur keindahan. Dengan pertimbangan itulah saya membuang Shoutbox, Tweetmeme, Facebook Like, dan Disqus.


Dengan demikian mudah-mudahan situs kita menjadi lebih nyaman dikunjungi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)