Minggu, 07 Maret 2010

SNews Bagi Pengagum Kesederhanaan



Dalam posting sebelumnya, saya sempat mengutarakan keinginan saya untuk memperoleh CMS yang simple. Saya katakan Wordpress kini telah menjadi raksana yang backofficenya terasa berat kita akses, selain filenya terasa besar ukurannya. WYSIWIG editor yang disediakan CMS saat ini terlalu membebani, sedemikian terkadang banyak pemula melakukan kesalahan ketika mempaste text dari file dokumen Office. Semua sintak bawaan dokumen Office yang tak perlu "katut" semua.

Sebenarnya, selama saya mengelola konten, bagian yang penting hanyalah post, page, upload file, dan RSS, tak terlalu banyak. Menurutku situs besar bisa dibangun hanya dengan elemen-elemen yang saya sebutkan.

Dalam ruang komentar, gecko memberikan rekomendasi sNews, sebuah CMS super simpel yang sudah mengakomodasi kebutuhan. Seandainya saya belum menggunakan Wordpress mungkin saya akan menggunakan CMS ini. Sekarang ini blog saya sudah kadung kompleks  untuk saya konversi. Elemen utama dalam CMS ini terdapat pada tiga file yaitu sebuah file inti  snews.php dan file template index.php dan style.css , serta sebuah file .htaccess untuk mengakomodasi SEF URL. Dengan demikian file paketnya(zip) tak lebih dari 50 KB. Super sekali pak Mario :D

Programnya terbuat dari kumpulan fungsi-fungsi yang dikumpulkan dalam file snews.php itu. Inilah kelebihan sekaligus kelemahannya.

Kunjungi situsnya di http://snewscms.com/

Posted via email from achedy's posterous




6 komentar:

  1. kelemahan mengumpulkan fungsi dalam 1 file apa cak edi?
    soalnya saya terlanjur cinta dan nyaman pakai metode ini.

    Tapi ya saya jaga ukurannya tetep kecil.

    BalasHapus
  2. @gecko. Bagi yg belum terbiasa dan belum tahu peta fungsinya agak nunak-nunuk mencari mana model, view, controller, dan modul2nya he.. he.. he.. * lah ini kan masalahnya saya yg gak enthos ya :D *

    BalasHapus
  3. kalo dari segi kecepatan kira-2 cepat mana ya yang dijadiin satu apa yang dipecah 1 fungsi 1 file gitu...

    kalo 1 fungsi 1 file semrawut kadang lupa mana file yg berguna mana yang enggak hehhehe

    ..

    BalasHapus
  4. jiah..Cak!! kenapa tak diposting dari dulu-dulu.. harusnya dari dulu g perlu ribet bikin sendiri. mana harus sehari semalam mentheleng nek ngarep komputer,hasilnya juga banyak mengecewakan. sebenernya nek arep posting juga agak berat masalahnya juga terletak pada modul text editor yang agak berat meskipun ndak seberat WP atau blogspot.meskipun kulo seneng bisa bikin tema sak penake udel, soalnya ndak ada yang pasang aturan main. Tapi Snews ternyata Ok juga, 54kb untuk sebuah blog. suatu saat jika kuat sewa host kepingin sekali menggunakannya.

    BalasHapus
  5. @gecko saya tak begitu tahu. Kalau ada perbedaan mungkin nggak terlalu signifikan.

    @prasbudi : ini info juga dari gecko bos. kalo soal hosting coba nggak ngerokok sebulan pasti dah dapat domain dan hosting setahun :D

    BalasHapus
  6. gratisan juga tidak selalu mengecewakan kok.

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)