Kamis, 08 Oktober 2009

Kehebatan Puasa Dalam Pengendalian Diri

Mohon maaf saya ngomong puasa lagi meskipun sudah diluar Ramadhan. Ngomong puasa karena baru sempat memulai puasa Syawal yang menurut informasi jika kita puasa Ramadhan plus enam hari di bulan Syawal seperti kita puasa setahun penuh. 

Selain bulan Ramadhan, memang banyak puasa sukarela di luar bulan Ramadhan. Selain beberapa pelanggaran dalam agama juga harus ditebus dengan puasa.

Berbeda dengan jika kita mengerjakan sebuah ibadah seperti sholat, maka setelah 10 menit melakukan sholat, dan keluar dari tempat sholat seakan-akan jika kita ingin melakukan hal tak terpuji maka akan kita maklumi saja karena tidak membatalkan sholat kita.  Puasa itu satu paket dengan perbuatan dan bukan sekedar makan dan minum. Sehingga meskipun seseorang tidak makan minum sejak subuh sampai maghrib, namun seandainya dia melakukan perbuatan maksiat dan tercela, maka habis sudah amalnya. Dikatakan Nabi SAW, banyak orang berpuasa namun tidak dia dapatkan kecuali hanya sekedar lapar dan haus saja.

Kedua, Orang berpuasa membawa aura untuk selalu beramal baik. Kaki dan tangan lebih mudah digerakkan untuk melakukan amal, hati dan fikiran akan terbawa kedalam aura yang positif.

Ketiga, rentang waktunya lama. Ibadah mana yang penghitungannya dimulai dari subuh sampai maghrib. Artinya orang akan mempertahankan diri agar tidak batal puasa sejak subuh sampai maghrib. Waktu dimana mata manusia kebanyakan terbuka dan berbagai aktifitas dilakukan.

Selain sebenarnya ada manfaat sampingan yang menyertainya, terutama untuk diet dan pengendalian berat badan.

Setahun kedepan kelihatannya harus dipertimbangkan untuk memperbanyak puasa sunnah.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)