Kamis, 23 Juli 2009

Posting Di Mesin Wordpress Bisa Hilang ?

Kapan hari, saya membaca posting Paman Tyo yang berjudul “Maaf, Posting “Jacko” Hilang”. Bahkan menurut cerita disana, beliau sampai menghubungi pihak hosting untuk menanyakan masalah ini, mengapa sebuah record di database bisa hilang begitu saja tanpa pemiliknya merasa menekan tombol “delete” ?

Ada banyak kemungkinan mengapa sebuah posting hilang begitu saja.

  1. Pemilik login dengan tidak sengaja menghapusnya.
  2. Mesin wordpress mengandung kelemahan (bug) yang memungkinkan untuk dieksploitasi orang sehingga menyebabkan sebuah record bisa dihapus.
  3. Kemungkinan lain yang belum pernah terfikirkan – tambahkan sendiri.

Agak sulit membuat perkiraan, karena di mesin wordpress sendiri  setahu saya, tidak ada catatan soal masalah hapus menghapus.

Soal seperti ini ternyata bukan hanya dialami Paman Tyo saja. Kemarin, saat saya mengupgrade blog saudara saya dari Wordpress 2.5 ke 2.8.2, saya mencari artikel tentang upgrade Wordpress yang telah saya tulis sebelumnya sebagai panduan. Lah kok tidak ada. Saya cari menggunakan google dengan kata kunci “upgrade wordpress achedy”. Ketemu artikelnya,  tapi bukan di blog saya, namun di blog Madesariada yang “menyelamatkan” postingan itu. Setelah itu saya akses URL artikel tempat artikel itu dia dapatkan. Lah, page not found, kosong melompong.

Hilang, bingung, nggak ngerti, bagaimana bisa terjadi ? Apakah ada bug atau ? Saya dan paman Tyo sama-sama menggunakan Wordpress sebagai enggine blog namun hostingnya berbeda.

Pertanyaannya adalah mengapa sebuah posting tiba-tiba bisa menghilang tanpa pemilik blog merasa menghapusnya ? Tahu ?

7 komentar:

  1. Pake Wp Super Cache ya?! Dulu aku pernah kehilangan tulisan karena pake WP Super Cache, malah halaman Indexnya Not Found. Tapi setelah aku disable sementara, dan aku bersihkan resourcenya,, bisa normal lagi.

    dicoba dulu,, barangkali bisa

    BalasHapus
  2. Saya juga mengalami, tapi berupa gambar/foto. Namun, waktu itu saya berpikir/mengira, karena obyek tersebut saya dapat dari download. Kemungkinan dilindungi, sehingga dihapus oleh yang punya. Namun, suatu kali terjadi hal yang sama pada file yang saya simpan di Peperonity dan Mobango, dalam kedua kasus terakhir, saya diberitahu bila obyek yang dihapus dilindungi undang-undang. Akhirnya, untuk kasus pertama, saya malas cari penyebabnya. Bukan apa-apa, hanya sebab CahNdeso sangat terbatas pengalaman dalam hal ini. Makasih..

    BalasHapus
  3. #Abid : Saya search di databasenya sudah nggak ada bid, jadi sepertinya bukan hanya di hidden.

    #Cah Ndeso : Kalau masalah ilang-ilangan saya juga tidak bisa berkutik bos.

    BalasHapus
  4. @abid, versi supercachenya baru bukan?
    kalau lama, memang buggy

    @achedy, bisa kejadian karena ada plugin yang crash di halaman tertentu, beberapa user pernah ada yang report dan setelah diinvestigasi dari error_log, itu dari plugin

    BalasHapus
  5. yah namanya juga barang, selalu ada kemungkinan hilang :D

    BalasHapus
  6. Actually see UGG boots style also know, thick, put it on the silly figure scale, particularly easily destroy appear coarse, short legs, or legs and common some very small and not very thin MM wear skirts in UGG collocation, not good-looking and influence temperament. I suggest the MM figure general height or choose as far as possible UGG boots to match short skirt, shorts or jeans, can avoid to highlight the shortcomings, UGG short stature or for tall canister boots, thinner or leg is very fine MM. Don't use UGG collocation is very fat, legging with best pants pants, stars or render the collocation of snowboarding progresses in our body is appropriate, caution is, or don't match. There must be something that you satisfiedugg classic cardy boots Coach bags Nike Dunk LowSheepskin Boots

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)