Kamis, 26 Februari 2009

Cara Nyepam Gaya Baru

Mencermati cara promosi produk akhir-akhir ini, kelihatannya model iklan dengan cara nyepam marak kembali. Yang namanya SPAM, manfaatnya bagi kita tidak ada, mengganggu sudah pasti. Sering yang merasa terganggu bukan satu dua individu, namun budaya masyarakat online - kosa kata antropologi ngendi meneh iki :D -.

Sebagai contoh jika saya membuka detik.com, maka disitu terpampang sebuah iklan yang disponsori oleh Fansberry Indosat. Modusnya, baca sendiri kutipan di bawah ini.

Indosat FansBerry merupakan kompetisi ‘adu banyak’ teman di Facebook. Semakin banyak jumlah teman yang berhasil Anda tambahkan ke friend list Anda, semakin besar kemungkinan Anda mendapatkan BlackBerry® gratis dari Indosat! Indosat FansBerry akan berlangsung selama 6 periode.

Kompetisi ini terbuka bagi siapa aja*! Syaratnya mudah, Anda hanya perlu menambah minimal 100 orang teman di Facebook dalam waktu seminggu sesuai dengan periode yang telah ditentukan. Pemenang adalah peserta yang paling banyak menambah teman dalam seminggu. Jika Anda belum berhasil mendapatkan BlackBerry® pada minggu ini, Anda bisa mencoba lagi minggu berikutnya.


Kalau kurang jelas baca sendiri di situsnya. Dengan diiming-imingi black berry (yang saya sendiri ngiler) orang tentu berbondong-bondong untuk menambah teman, namun motivasinya bukan lagi untuk pertemanan, tetapi untuk "Berry Hitam" itu. Siapa saja di tambahkan sebagai teman, baik kenal maupun tidak. Karena itu mohon maaf, bagi yang menambah teman untuk maksud ini, jelas tidak saya terima. Fansberry untung, pengikutnya untung, cuma orang yang diajak berteman yang buntung. Pertemanan seperti ini akan merusak struktur masyarakat di facebook.

Saya termasuk orang yang agak selektif menerima teman, jika seseorang menggunakan fasilitas search, lantas saya belum pernah mengenalnya secara offline, sementara di profilnya hanya hanya ada informasi status hubungan, tidak akan saya masukkan sebagai teman. Hanya akan menjadi sampah di inbox teman saya bukan ? Apalagi kalau ajalan itu terindikasi SPAM.

Ada lagi yang dilakukan detik.com. Untuk memasyarakatkan detik mobile, dengan iming-iming HP keren, dia mengajak pengunjung untuk menyepam di email-email orang yang dikenalnya. Lihat disini.

Sebuah cara nyepam gaya baru oleh perusahaan-perusahaan besar.

8 komentar:

  1. saya belum punya account facebook :(

    BalasHapus
  2. semakin berkembang juga kreatifitas manusia
    untuk mencapai apa yang diinginkannya.

    BalasHapus
  3. aduh kang iyaa paling sebel terima email yg kaya gitu.


    emailkan pada 50 orang teman Anda maka akan mendapatkan blablabla. padahal dengan gitu email kita bisa dikumpulin utk sepam!


    *geram*

    BalasHapus
  4. gila bang... yang menang bisa nge add sampe 2600an orang / minggu..

    welwh2....

    BalasHapus
  5. wah asyik ya kalo bisa dapat BB

    BalasHapus
  6. Ooo.. Ketinggalan jaman ane gan

    BalasHapus
  7. jadi gimana gan , ane kurang faham

    BalasHapus
  8. cara nyepamnya dimana min

    http://infohargamotorterbaru.pbworks.com

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)