Sabtu, 09 April 2005

Membaca Berita Lewat RSS

RSS (Really Simple Syndication) adalah webtools yang digunakan untuk membuat deskripsi singkat tentang web content, lengkap dengan linknya. Informasi ini lantas dikemas dalam XML dengan susunan tertentu. Susunan itu paling tidak terdiri dari title, url, dan description. Umumnya, orang bisa menggunakan ringkasan itu untuk diolah kembali ke dalam bentuk lain, misalnya untuk ditampilkan di dalam situs lain, atau bisa diambil dengan tool desktop khusus. Bebarapa mail client terbaru, sudah support untuk digunakan sebagai RSS Reader seperti Mozilla Thunderbird maupun Opera. Ada pula pembaca khusus RSS seperti sharpreader atau RSS Reader.


Versi lainnya adalah Atom. Hampir sama dengan RSS, hanya formatnya saja yang berbeda. Dan bisa anda baca juga dengan RSS Reader yang telah saya sebutkan.


Menurut WikiPedia, situs yang pertama menggunakan RSS adalah Variety.com (http://www.variety.com/index.asp?layout=rss) pada bulan Juni 2002.Dan pada tahun 2004 dan 2005, RSS digunakan di sebagian besar kantor berita seperti Reuter dan Associated Press, setelah sebelumnya digunakan pada kebanyakan weblog.


Saya merasakan betapa RSS ini begitu berguna, berawal ketika kemarin mail client Mozilla Thunderbird saya ngadad. Saya menduganya karena pengaruh virus. Lantas saya menguninstalnya dan menginstall versi terbaru versi 1.0. Saya tidak menduganya, bawa ketika saya akan add account saya menemukan pilihan, buat email, RSS News, atau News Group. Di Mozilla Thunderbird 1.0 ternyata sudah ada RSS Readernya. Setelah itu saya mencoba menggunakannya. Dahsyat. Saya bisa membaca posting blog rekan-rekan saya lewat Mozilla Thunderbird, persis seperti ketika saya membaca email.


Anda tahu, demam blog, telah menyebabkan kita mempunyai banyak teman, di blog-blog lain. Jika kita mempunyai teman blog sebanyak 25, atau 50, atau 100, bagaimana kita tahu bahwa mereka telah mengupdate beritanya ?? Akan kah kita mengunjunginya tiap hari satu-satu ? Tentu saja tidak. Dan dengan menggunakan Thunderbird inilah akhirnya saya bisa "mengunjungi" web rekan-rekan dengan hanya lewat Mail Client Thunderbird.


Biasanya ada dua macam orang menggunakan RSS, ada yang description nya adalah sebagian beritanya dan ada pula yang seluruh beritanya. Bagi yang RSS nya hanya berisi Judul dan ringkasan artikel, paling tidak kita mengetahui bahwa rekan-rekan kita telah mengirim posting di web mereka, dan kalau kira-kira menarik kita bisa klik URL nya. Blogdrive menggunakan cara seperti ini. Tetapi yang paling menyenangkan adalah ketika description nya berisi semua isi artikelnya seperti di blogspot. Kita bahkan tidak usah berkunjung ke webnya, kecuali untuk memberinya komentar.


Di blogspot dan Blogdrive, XML yang digunakan adalah format Atom. XML nya dapat diakses dengan mengetikkan atom.xml di belakang nama URL nya, contohnya http://abhicom2002.blogspot.com/atom.xml dan http://muslimblog.blogdrive.com/atom.xml .


Saya sendiri menggunakan RSS 9.1 dalam dua versi yang berisi ringkasan saja dan yang penuh. Yang berisi ringkasan saya taruh di : http://achedy.penamedia.com/rss.php sedangkan yang penuh saya taruh di http://achedy.penamedia.com/rss.php?op=all


Saya sendiri menggunakan RSS 2.0 yang saya taruh di http://achedy.penamedia.com/xml/rss2/


Bahkan sekarang ini situs-situs seperti http://www.media-indonesia.com dan http://www.sctv.co.id telah mengeluarkan versi XML nya.


Image hosted by Photobucket.com


Wassalam,


achedy

1 komentar:

  1. ternyata ini to maksut dari RSS... baru tau aku...

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)