Selasa, 07 Desember 2004

Web : Memulai Membangun Sebuah Situs

Mengapa saya mengangkat topik ini ? Padahal artikel-artikel sebelumnya mengangkat materi-materi yang tergolong bukan pemula. Tak lain adalah, karena terlalu banyak email yang masuk ke dalam mailbox dan SMS yang masuk ke dalam HP saya.


Saya hanya ingin menguraikan sedikit pengalaman saya saja.


Mungkin sekitar pertengahan tahun 2000 an saya memulai belajar website, karena saya berfikir bahwa Program mentoring ITS memerlukan sebuah situs. Lantas dengan berbekal bahwa setiap halaman bisa di link, juga berbekal Frontpage yang cara pakainya mirip MSWorld lantas saya memberanikan diri membuat situs mentoring. Dulu alamatnya di mentoringits.cjb.net dan servernya di geocities. saya isi dengan perkembangan mentoring, konsep mentoring, sampai penelitian mentoring. Setelah saya selesai menjadi kepala PR mentoring ITS situs ini hilang dengan sendirinya. Tampaknya PR setelah saya berfikir bahwa situs bukan sebuah sarana yang cukup efektif.


Situs itu mempunyai makna bagi saya. Bukutamunya diisi oleh banyak orang yang menyatakan salut. saya lantas lebih bersemangat. Saya berfikir, mentoring ITS terlalu sempit cakupannya. Karena itu saya mulai membangun situs masjidits yang saat ini ada di http://geocities.com/masjidits_01/ Sekarang masih dapat diakses.



Dari sini konsep desain saya menjadi lebih matang. Dan saya jadi benar-benar mengerti tentang HTML, CSS, dan sedikit JavaScripts. Jadi kesimpulannya, anda jangan terlalu tergesa-gesa. bertanyalah kepada diri anda, apakah anda sudah menguasai desain. Karena sebenarnya anda tidak bisa melangkah ke step selanjutnya jika anda belum melewati tahab ini. Anda tidak perlu terlalu mahir, namun anda paling tidak mengerti.

Setelah itu saya mulai kesulitan untuk mengupdate data, lantas saya mulai belajar tentang programming. Pilihan pertama jatuh ke program ASP. Mungkin karena sourcesnya sudah tersedia. Di Windows 98 sudah ada PWS dan MSAccess untuk databasenya. Saya lantas membeli bukunya Gregorius Agung ASP Programming sebagai pengantar. namun buku ini kelewat sederhana, karena persoalan database tidak di bahas sama sekali. Namun lumayan buat pemula, karena waktu itu emmang nggak ada buku yang lain. Lantas saya membeli buku ASP yang ada databasenya. Dulu terbitan Elexmedia. Tapi saya lupa judulnya. Dipinjam Teman dan Tidak di kembalikan. Pernah juga fotocopy buku ASP from sctratch. dan pinjam Web Database Development (elexmedia). Buku saja tidaklah cukup. Dan saya banyak belajar pada free script yang ada seperti di http://hotscripts.com melihat isinya dan belajar memahaminya. Dari sini saya bisa membuat situs masjidits.com versi ASP, SkemaPro.com(mati), potensijatim.com(mati), dll



Dari situ saya bisa memahami tentang prinsip programming, ASP, membuat database, dan SQL.
Dan untuk belajar, bagi pemula, jangan malu-malu untuk menggunakan buku berbahasa indonesia. Untuk pertama kali anda kenal pemrograman, memahami dari buku-buku sederhana berbahasa indonesia membuat anda mengerti dengan lebih cepat. Jika sudah mengerti prinsipnya segeralah beralih ke buku-buku berbahasa Inggris. Seebnarnya tidak mutlak juga jika anda memunyai ekmampuan bahasa Inggris yang cukup.

Semakin lama saya merasakan perkembangan ASP sangat lambat. Mungkin karena dia berada pada bendera microsoft. Hosting yang sangat mahal dan tidak multiplatform (tidak bisa berjalan dilingkungan linux) membuat saya pengin berpindah di PHP.


Kebetulan saat itu kaki saya sakit selama 4 bulan. dan terus terang sebuan pertama saya sudah tidak betah, dan saya putuskan daripada berobat terus menerus dan tidak kunjung sembuh, lebih baik membeli komputer. Dan saya mulai belajar PHP dari sini.


Untuk PHP ini, terus terang saya lebih banyak menggunakan e-book untuk belajar. Karena saat itu saya berada di desa dan saya mempunyai beberapa buah e-Book PHP.


Pertama belajar PHP saya menggunakan tools sebagai berikut :


Buku
e-Book PHP & mySQL Web Development
manual PHP


Editor
EditPlus


Komputer
Pentium 200 dengan sistem operasi Windows 98


Software
PHPTriad bisa juga sekarang diganti dengan XAMPP atau PHP2Triad
di dalamnya sudah terinstall PHP, mySQL, PHPmyAdmin dan Apache.



Sebagaimana saya anda bisa belajar sendiri. yang penting ada kemauan yang kuat insyaallah tidak ada hal yang tidak bisa. Dan juga buatlah sesuatu ektika belajar. Misalnya buku tamu, news system. Sayapun ketika belajar pertama juga menghasilkan News System. Meskipun banyak kekuranga, belajar dengan praktek akan membuat anda lebih mengerti dan membuat cara belajar anda lebih terarah.

Penutup.


Terakhir, banyak yang meminta saya memberikan pelajaran tentang PHP, tapi karena jarak yang jauh, maka tentu ini sangat menyulitkan. Cobalah belajar dengan tools yang saya ceritakan. Dan jika ada masalah bertanyalah kepada saya. Insyaallah saya akan membantu anda, sebisa saya.


achedy

13 komentar:

  1. makasih mas masukannya, akan saya coba dan sebetulnya sedang di coba hanya saya bingung masalah pembuatan database manual (dari prompt dos) dan dari phpmyadmin. jadi itu dulu

    BalasHapus
  2. assalamualaikum....

    bagus juga sebenarnya memulai dari nol :D tapi btw kalomau buat situs kenapa harus susah ( jaman sekarang banyak yg instan aj sampai mie instant ke web instan ) .
    kalo mau buat blog pake aj tool blog macam Wordpress, movabletype, cms:blog, atau live journal b2 dll.
    kalo mau buat portal bisa pake phpnuke postnuke mambo xoops.

    Memang sih pengetahuan dasar tentang html dan PHP mutlak di butuhkan ( karena rata2 mereka di bangun di atas AMP )

    Tapi kalo dah kebelet pengen punya site tapi belon mampu HTML , Java , PHP .. yah pake aja tool yg tersedia dulu..sambil jalan sambil belajar gitu loh

    Wassalam
    Http://kusaeni.com

    BalasHapus
  3. oooooooo, saya sama sekali tidak mengerti tentang web, ada yang mau saya tanyakan, yaitu: apa itu situs, web, url, dan host.
    terima kasih atas jawabannya.......

    BalasHapus
  4. ada yang punya crak buat nampilin script php ga..??
    klo ada yang punya namanya apa..??
    bs kirim ke email gw gaa.??
    makasih sebelumnya..

    BalasHapus
  5. #5 Kalau nampilin script PHP ya nggak akan bisa, kecuali anda bisa masuk ke server. Soalnya yg dikirim ke komputer client hanya text hasil eksekusi scripts

    BalasHapus
  6. bener mas,
    malah lebih enak rasanya kalo belajar sendiri...
    lebih terasa puasnya...

    BalasHapus
  7. Assalamu'alaikum...
    Mas help me ya...aq buta banget tentang web design tp keinginanq teramat besar. aq coba dulu sesuai yang mas ceritain tar kalo ada kesulitan aq pasti nanya mas...makasih ya atas kesediaanya.semoga Allah membalas semua yang mas lakukan.Amien..Wassalamu'alaikum Wr Wb.

    BalasHapus
  8. #8. Dengan senang hati :)

    BalasHapus
  9. wagh.... ntar bisa sharing ya mas. Ne aku juga mo belajar soal web development :)

    BalasHapus
  10. iya...pak...memang sih bikin web skrg gak perlu susah2 ...kan udah ada yg instan pake mambo ato jomla ato manfaatin blog aja dah oke/....tp kan pengenalan programming PHP dan MySQL kan jg penting......nah utk itulah sy sangat mendukung....maju terus bljr PHP dulu br yg instant

    BalasHapus
  11. Salam kenal... sesama alumni ITS

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum....

    Hii Mas, salam kenal. aku pelajar kelas 11 d'SMA. sekarang ini aku lagi serius-seriusnya belajar web desain!!!! sekarang yang mau ku tanya, softwaree mana dulu yang harus aku pelajarin??? kan seperti yang mas tahu, untuk desain web butuh banyak software lain untuk mendukung desainkita agar terlihat lebih indah, interaktif, namun tetap menarik. selama ini aku mempelajari software secara acak!!! tolong bantu yaaaaa.......

    Wassalam Wr.Wb.

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)