Kamis, 03 Agustus 2023

Bandwagon Effect itu

Bandwagon effect adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan fenomena psikologi dimana seseorang cenderung mengikuti tren, gaya, sikap, dan lain sebagainya karena melihat banyak orang turut melakukan hal yang sama.

Singkatnya, bandwagon effect adalah fenomena ‘ikut-ikutan’. Secara psikologi, fenomena yang satu ini adalah bentuk bias kognitif yang mengakibatkan seseorang atau kelompok mengalami kesalahan dalam mengambil keputusan akibat adanya dorongan dari faktor eksternal dan internal. [BFI].

Dari situ banyak hal yang bisa kita amati. 

Trend bisa menskalable sesuatu. Fenomena sekolah negri yang tidak mendapat murid adalah fenomena bandwagon effect ini. Belum tentu tidak cocok sekolah negri. Pagi sekolah sampai dhuhur, habis ashar ke langgar. Untuk anak SD/SMP bagi saya sangat ideal. Karena selain  belajar di pendidikan umum, belajar dengan lingkungannya, dan belajar menyerap visi orangtuanya di rumah.

Jangan sampai kita menjadi korban bandwagon effect, cuma ikut ikutan trend yang belum tentu cocok dengan karakter kita. 

Misalnya keputusan menyekolahkan atau tidak menyekolahkan anak di pondok jangan sampai hanya soal bandwagon effect  namun harus atas pertimbangan matang.

"Janganlah kamu melakukan sesuatu tanpa ilmu" (Al Isra 36) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)