Jumat, 02 Februari 2018

Mobile Blogging Jaman Old dan Jaman Now

Sudah sering saya katakan bahwa ngeblog adalah salah cara saya untuk istirahat. Ada sebuah kebahagiaan ketika saya memencat tombol "Publish". Jadi itulah enaknya saya, nggak usah pakai pil penenang, habis ngeblog rasanya lega. Semakin mumet malah semakin produktif hahaha...

Salah satu cara agar kita mudah melakukan blogging adalah dengan menggunakan piranti bergerak / mobile. Henpon lah mudahnya.

Mobile Blogging Jaman OLD

Saya sangat tertarik dengan cerita orang yang melakukan mobile blogging secara ekstrim. Adalah Gunawan Muhammad, kabarnya ketika suatu hari terjebak dalam salju di Rusia tanpa jaringan internet, padahal harus menulis di rubrik Catatan Pinggir di Tempo, maka dia terpaksa menggunakan SMS. SMS demi SMS dia kirim SMS ke editor Tempo. Edyan tenan.

Atau, Hermawan Kertajaya, menerima tantangan Jawa Pos untuk menulis 100 hari berturut-turut yang dimuat dalam rubrik Jawa Pos. hermawan yang orang sibuk, menulis disela-sela kesibukannya dengan ponsel Blackberry. Manteb tenan.

Dulu saya membuat posting gak serius disela-sela waktu saya di posterous. Waktu itu, posterous menyediakan layanan blogging instant, yang cara postingnya cukup unik, dengan mengirimkannya melalui email. Sayang akhirnya layanan ini gulung tikar, selanjutnya postingan saya porting ke Wordpress di Rehat dan Sukamoto . Blog yang saya porting tahun 2013 itu saya biarkan begitu saja, dan baru tadi malam mencoba saya hidupkan dengan cara posting melalui smartphone.

Mobile Blogging Jaman NOW

Sekarang jaman sudah berubah. Platform menulis di piranti mobile sudah sangat canggih. Tadi malam mencoba posting di blog wordpress hasilnya, perfect. Sudah seperti membuat status di media social saja.

Wordpress



Wordpress kelihatannya membangun platform untuk mobile secara serius. Saya sangat puas menggunakannya. Meskipun versi gratis dari blognya kurang asik. Ada iklan dan kita tidak bisa mengubah templatenya sesuai dengan keinginan.

Blogspot




Platform blog yang ditawarkan blogspot sebenarnya sudah asik. Meskipun dengan fasilitas standard, namun tanpa iklan dan kita bisa melakukan kustomisasi terhadap desainnya. Perfect.

Sayangnya versi mobilenya dibuat kurang serius. Kemarin malam saya mencoba menulis blog yang agak panjang menggunakan fasilitas ini. Semuanya berjalan lancar sampai saya menekan tombol simpan. Sayangnya speedy di tempat saya juga kampret karena sering mati sendiri. Saat saya simpan dalam internet dalam keadaan mati maka artikel berstatus "saving" dan tidak bisa dibuka, apalagi dipublish. Blogspot memang hasyuuuuuuu.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)